Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Medan Menerapkan Sistem Cakupan Kesehatan Semesta

Masyarakat hanya perlu menggunakan KTP sebagai pengganti kartu BPJS agar bisa mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS.
Ade Nurhaliza
Ade Nurhaliza - Bisnis.com 29 November 2022  |  16:14 WIB
Medan Menerapkan Sistem Cakupan Kesehatan Semesta
Karyawan di salah satu berada kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. - Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Kota Medan memulai program Universal Health Care (UHC) alias cakupan kesehatan semesta per tanggal 1 Desember 2022 mendatang.

Teknis di lapangan, masyarakat hanya perlu menggunakan KTP sebagai pengganti kartu BPJS agar bisa mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Kota Medan.

Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Arrahman Pane mengatakan bahwa alur pelayanan masih tetap sama, yaitu dengan lebih dahulu ke Puskesmas terdekat.

"Bagi warga yang nunggak, datang saja bawa KTP," jelasnya kepada Bisnis.com. Selasa (29/11/2022).

Adapun bila pasien memerlukan pelayanan rawat inap di rumah sakit maka akan diberikan fasilitas kelas III.

"Harapannya dapat terlayani semua masyarakat di bidang kesehatan. Dan itu juga merupakan salah satu prioritas kerja Wali Kota Medan di bidang kesehatan," jelasnya.

Program UHC melalui Pemerintah Kota Medan akan disosialisasikan secara masif, agar masyarakat dapat tidak ragu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Penandatanganan kesepakatan antara Pemerintah Kota Medan dan BPJS Kesehatan Kota Medan tentang Penetapan Peserta Awal Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja Pemerintah Daerah Kota Medan dalam UHC tahun 2022-2023 telah dilaksanakan di Medan, Senin (28/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universal coverage jaminan kesehatan pelayanan kesehatan medan
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top