Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalan Rusak Akibat Proyek SPAM Pekanbaru, Ini Penjelasan PDAM Tirta Siak

Direktur PDAM Tirta Siak Agung Anugrah menjelaskan saat ini ada dua proyek pembangunan pipa - pipa baru jaringan SPAM.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 21 November 2022  |  19:31 WIB
Jalan Rusak Akibat Proyek SPAM Pekanbaru, Ini Penjelasan PDAM Tirta Siak
Galian tanah pemasangan pipa proyek SPAM di Pekanbaru. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU -- Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak menyatakan bakal melakukan perbaikan jalan akibat pemasangan pipa dari proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Direktur PDAM Tirta Siak Agung Anugrah menjelaskan saat ini ada dua proyek pembangunan pipa-pipa baru jaringan SPAM. Pembangunan ini dilakukan untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelanggan. 

"Saat ini memang pembangunan SPAM masuk ke area Jalan Kartama, Pekanbaru, dan memang jika ada kerusakan jalan yang diakibatkan oleh pemasangan pipa-pipa ini tidak bisa langsung diperbaiki. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memaksimalkan hasil perbaikannya,” ujarnya, Senin (21/11/2022).

Dia mengakui proyek penanaman pipa-pipa baru ini memberikan dampak kepada masyarakat, salah satunya adalah terganggunya aktivitas masyarakat seperti jalanan yang tidak lagi mulus. Aspal-aspal jalanan Kota Pekanbaru yang terlihat dalam kondisi rusak. Karena itu ada banyak pihak memberikan kritikan karena terkesan dilakukan pembiaran oleh PDAM Tirta Siak. 

Menurut Agung, tidak ada pembiaran kondisi jalan rusak itu. Langkah pengaspalan kembali akan dilakukan jika ada jalanan yang rusak akibat pemasangan pipa-pipa baru tersebut. 

Beberapa tahapan pemasangan pipa yang dimaksud Agung diantaranya adalah, pekerjaan persiapan, disini terdapat aktivitas pemotongan aspal, kemudian pemasangan rambu dan pengerjaan pipa, dan mobilisasi material pipa ke site.

Setelah itu dilakukan lah pengerjaan galian pipa, dan berlanjut pada tahapan pemasangan dilakukan urugan, atau penimbunan kembali. Ada pula Hydrotest yaitu pengujian pipa dengan memberikan tekanan air pada pipa dan didiamkan dengan waktu yang ditentukan. 

“Saat ini, pengerjaan pipa yang ada di area Jalan Kartama ada posisi hydrotest, makanya kami belum lakukan pengaspalan kembali, dan kami akan mengerjakan rekondisi jalan pada pertengahan Desember,” ujarnya.

Untuk diketahui saat ini ada dua proyek SPAM Pekanbaru dan SPAM Regional Pekan-Kampur yang meliputi diantaranya, Area Spam Pekanbaru di 6 Kecamatan: Sail, Sukajadi, Senapelan, Payung Sekaki, Lima Puluh dan Pekanbaru Kota. Pembangunan saat ini berlangsung di 2 kecamatan: Sukajadi dan Payung Sekaki. 

Sementara SPAM Regional Pekan-Kampar meliput 4 kecamatan diantaranya Marpoyan Damai, Bukit Raya, Bina Widya, Tuah Madani. Pembangunan saat ini berada di ruas Jl. Rambutan-Kartama-Adi Sucipto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdam
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top