Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permintaan Paspor di Imigrasi Padang Meningkat

Kantor Imigrasi Padang menerapkan pembatasan kuota layanan melihat tingginya keinginan masyarakat untuk memperpanjang serta membuat paspor baru.
Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Sumatra Barat./Bisnis-Muhammad Noli Hendra
Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Sumatra Barat./Bisnis-Muhammad Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG — Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Sumatra Barat, mulai disibukan dengan pelayanan paspor dampak dibukanya kembali penerbangan internasional di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Plt. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Ezardy Syamsoe mengatakan, pelayanan di Kantor Imigrasi Padang terlihat sepi akibat adanya pandemi Covid-19. Namun terhitung Juli 2022, pelayanan pun kembali dibuka, seiring melandainya kasus Covid-19.

"Kalau waktu dulu itu, palingan ada lima orang saja yang datang ke kantor untuk melakukan perpanjangan paspor. Tapi semenjak pandemi sudah melandai, pengajuan paspor jadi meningkat drastis," katanya, Senin (10/10/2022).

Dia menyebutkan melihat begitu tingginya keinginan masyarakat untuk memperpanjang serta membuat baru paspornya, dari Kantor Imigrasi Padang menerapkan pembatasan kuota layanan.

Ezardy menjelaskan pelayanan di Kantor Imigrasi Padang maksimal per hari itu hanya untuk 130 orang saja. Baik itu untuk perpanjangan masa berlaku paspor, maupun untuk masyarakat yang ingin membuat paspor baru.

"Maksimal itu kita bisa 130 orang saja. Jadi jika ada yang datang lebih dari 130 orang, kita sarankan untuk kembali datang di hari berikutnya. Intinya tidak ada orang yang tidak kita layani," tegasnya.

Menurutnya beranjak dari kondisi pandemi yang telah mulai melandai, sebagian besar pelayananan paspor baru yang paling dominan yakni untuk masyarakat yang hendak pergi umroh.

Kini dengan telah dibukanya kembali penerbangan internasional di BIM, juga turut memberikan dampak yang signifikan terhadap pengajuan pembuatan paspor.

"Jadi kalau dihitung sejak Juli 2022 - September 2020 itu telah ada sebanyak 11.700 orang yang kita layani di Kantor Imigrasi Padang ini, dengan hitungan 130 orang per hari pada hari kerja yakni Senin-Jumat," ungkapnya.

Pendaftaran untuk pengurusan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Padang juga memberlakukan masyarakat yang mendaftar lewat aplikasi M-Paspor. Sehingga bisa mengatur kapan jadwal untuk datang ke kantor Imigrasi.

"Intinya asalkan mengurusnya tanpa calo, maka akan kita layani dengan baik. Tinggal siapkan berkas sesuai persyaratan, tanpa ribet, akan langsung kita proses," tutup Ezardy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper