Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkomsel Upayakan Pemerataan Jaringan di Mentawai

Telkomsel berupaya untuk melakukan pemerataan jaringan di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat.
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan./Istimewa
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan./Istimewa

Bisnis.com, MENTAWAI - PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel berupaya untuk melakukan pemerataan jaringan di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat.

Manager Network Service Telkomsel Padang Andi Suapril mengatakan pekan lalu Tim Telkomsel telah melakukan kunjungan kerja ke Mentawai dalam rangka pengecekan progres pembangunan BTS regular batch 1.

"Jadi memang kita menargetkan pemerataan jaringan di Mentawai, karena saat ini masih ada beberapa titik yang masih belum bisa akses jaringan dengan baik," katanya, Selasa (6/9/2022).

Dia menjelaskan pada periode 2020 hingga 2022, Telkomsel telah meningkatkan capacity dan coverage terhadap site di Siberut Selatan serta implementasi jaringan 4G dan peningkatan Capacity 4G di wilayah Siberut Utara dan Siberut Selatan.

Untuk wilayah Sipora, jelasnya, pada periode 2021 hingga 2022, Telkomsel telah meningkatkan capacity terhadap site di pulau sipora dan melakukan peningkatan capacity 4G serta pemerataan jaringan transmisi Fiber Optic untuk 5 site di pulau Sipora.

Sementara untuk wilayah Sikakap atau Pagai, terdapat 3 site regular Telkomsel yang mengcover sinyal bagi masyarakat Sikakap ( Pagai Utara dan Pagai Selatan ), Sikakap ( GSM /DCS), Sikakap Timur (GSM), dan Malakopa (GSM ).

"Pada Pulau Sikakap site Telkomsel di wilayah tersebut masih terbatas hanya jaringan 2G karna transmisi di wilayah pulau Sikakap masih menggunakan satelit," ujarnya.

Dia menegaskan Telkomsel akan terus berupaya meminimalkan penggunaan satelit serta membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat untuk mempercepat implementasi perluasan jaringan di Siberut Selatan, Sipora, dan Sikakap yaitu berupa kemudahan dalam akuisisi lahan untuk kebutuhan lokasi tower.

"Kita berkomitmen untuk meminimalkan penggunaan satelit ini, agar jaringan di Mentawai bisa lebih baik dari sekarang," sebutnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan, mengatakan, sampai saat ini memang untuk jaringan telekomunikasi terutama internet di Mentawai belum semua wilayah yang memadai.

"Jadi dengan adanya perhatian dari Telkomsel ini, kita berharap infrastruktur pendukung telekomunikasi bisa lebih baik," jelas dia.

Untuk itu, Martius Dahlan sangat mengapresiasi atas kepedulian Telkomsel. Artinya, pemerintah daerah dan masyarakat akan memberikan dukungan demi kelancaran dalam pembangunan tower Telkomsel untuk meningkatkan jaringan di wilayah Kepulauan Mentawai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper