Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Car Free Day di Padang Kembali Digelar pada 11 September

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menyatakan akan memulai kembali Car Free Day (CFD) pada 11 September 2022 mendatang.
Ilustrasi/TMC
Ilustrasi/TMC

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menyatakan akan memulai kembali Car Free Day (CFD) pada 11 September 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar Dedy Diantolani mengatakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor itu diputuskan setelah melihat kondisi kasus Covid-19 yang telah melandai.

"Sebenarnya masyarakat juga telah sering meminta ke gubernur agar car free day ini dibuka kembali. Kan sudah 2 tahun tidak digelar akibat Covid-19. Melihat kondisi pandemi yang sudah melandai, akhirnya kita putuskan untuk kembali menggelar CFD ini," kata Dedy, Jumat (2/9/2022).

Dia menjelaskan selain adanya pertimbangan melihat kasus Covid-19 yang telah melandai, CFD di Padang ini juga mengikuti kota-kota besarnya, yang telah lebih dulu memulai kegiatan olahraga yang serupa.

Menurutnya hal tersebut menjadi alasan Pemprov Sumbar sehingga CFD diputuskan untuk kembali digelar. Namun ada yang berbeda pada CFD di Padang pada tahun 2022 ini.

"Dulu lokasi CFD di Padang sepanjang Jalan Khatib Sulaiman. Tapi untuk 11 September 2022 itu, kita pindah ke sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan menyambung ke Jalan Rasuna Said," jelasnya.

Adapun panjang jalan yang ditempuh di dua jalan itu sekitar 1,8 Km. Namun bila nanti membludak, telah disiapkan skema menambah rute hingga jalan Khatib Sulaiman.

Selain itu, alasan memindahkan lokasi CFD ke Jalan Jenderal Sudirman dan Rasuna Said itu, kata Dedy, karena Gubernur Sumbar Mahyeldi menginginkan agar ada tempat bagi pelaku UMKM disaat CFD tersebut.

Dengan demikian, kegiatan olahraga berjalan dengan baik, pelaku UMKM pun terbantu. Lokasi atau area UMKM ini akan memakai halaman Kantor Gubernur Sumbar.

Dedy menegaskan pada pembukaan CFD nanti, juga sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional 2022. Artinya ada sejumlah kegiatan yang baka memeriahkan pembukaan CFD tersebut.

"Jadi saya menghimbau kepada masyarakat tetap menjaga ketertiban dan protokol kesehatan. Untuk yang merasa badan kurang sehat, jangan dipaksakan ke CFD," imbaunya.

Terkait pengaturan kondisi lalu lintas, Dedy mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub Kota Padang, dan pihak kepolisian.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dispora Sumbar, Rasydi Sumetry, mengatakan kegiatan CFD ini nantinya bukan hanya diisi dengan aktivitas olahraga, tapi juga dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan, coaching klinik, acara kesenian, pesta rakyat dan lain-lain.

Kegiatan tersebut, juga mendapat dukungan dari Ketua PHRI Sumbar, Rina Pangeran.

Menurutnya penggunaan Jalan Jenderal Sudirman dan Rasuna Said merupakan hal yang tepat karena di sepanjang jalan tersebut tidak ada hotel, sehingga kegiatan CFD setiap minggu nantinya tidak akan mengganggu lalu lintas tamu-tamu hotel.

"Semoga CFD di Padang nanti berjalan dengan baik dan sukses," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper