Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendag Zulhas Motivasi Anak Muda Jadi Penggerak Ekonomi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memotivasi para pemuda Indonesia turut aktif menjadi penggerak ekonomi di negerinya sendiri.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 07 Agustus 2022  |  20:48 WIB
Mendag Zulhas Motivasi Anak Muda Jadi Penggerak Ekonomi
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam kegiatan di Kota Padang, Sumatra Barat, Minggu (7/8/2022). - Bisnis/Noli Hendra
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memotivasi para pemuda Indonesia turut aktif menjadi penggerak ekonomi di negerinya sendiri.

Dia menyebutkan di era digitalisasi, merupakan sebuah peluang emas bagi para kaum muda untuk bisa bergerak menjadi pengusaha.

"Ada platform digital yang bisa dimanfaatkan. Dari rumah juga bisa bikin usaha. Jadi kunci sukses untuk diteladani para pemuda yaitu selalu produktif, memiliki rencana," katanya saat bertemu dengan sejumlah pemuda dari sekitar 50 kota di Indonesia yang hadir dalam forum Youth City Changers/YCC (Kolaborasi Komunitas Muda Kota) di Padang, Sumatra Barat, Minggu (7/8/2022).

Zulkifli mengatakan agar hidup seorang anak muda itu bisa jadi bermakna dan bermanfaat, maka harus produktif.

Selain itu, harus memiliki peta jalan sehingga rencana ke depan dilalui lebih mudah dilalui asal dikerjakan dengan tekun dan kerja keras.

"Anak muda juga harus kreatif. Saya yakin, jika itu diterapkan, anak-anak muda hidupnya akan sukses," tegasnya.

Menurutnya saat ini dunia sudah sangat terkoneksi dan hampir tanpa sekat sehingga digitalisasi menjadi bagian penting dari aktivitas perdagangan.

Untuk itu, keterampilan memanfaatkan platform digital dalam berdagang menjadi salah satu hal yang harus dikuasai pemuda agar mampu berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

"Saatnya anak-anak muda saat ini didorong tidak hanya mengarah pasar dalam negeri, tapi harus menyerbu pasar global," ujarnya.

Dikatakannya apalagi saat ini Kementerian Perdagangan telah menyiapkan jalan tol yang bisa dimanfaatkan dengan perjanjian dagang, seperti di level ASEAN dan juga dengan Uni Emirat Arab yang bisa digunakan sebagai hub ke pasar internasional yang lebih luas dengan bebas tarif.

Bahkan hal itu ditambah dengan kemudahan yang ditawarkan platform digital.

Zulkifli menjelaskan pada 2021, nilai transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) Indonesia mencapai Rp401 triliun dan diperkirakan mencapai Rp526 triliun pada 2022.

Transaksi e-commerce lintas negara oleh konsumen Indonesia juga tumbuh signifikan mencapai USD 3,36 miliar atau tumbuh 90,08 persen pada 2021.

Selain e-commerce, perkembangan perdagangan aset kripto juga tumbuh signifikan selama dua tahun terakhir.

Di tahun 2020 nilainya hanya sebesar Rp64,9 triliun, namun pada 2021 sudah mencapai Rp859,4 triliun, dan pada Januari--Juni 2022 mencapai Rp212 triliun.

Untuk itu, Mendag Zulkifli Hasan menilai forum YCC sangat baik dimanfaatkan para pemuda untuk mengembangkan keterampilan agar dapat adaptif dan responsif terhadap dinamika nasional dan global.

"Hal ini penting bagi pemuda mengingat Indonesia mendapat bonus demografi dengan jumlah populasi pemuda mencapai lebih dari 64 juta jiwa pada 2021," sebut dia. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar zulkifli hasan
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top