Iduladha Berlalu, Harga 2 Bahan Pangan di Kota Medan Masih Mahal

Harga cabai merah bertahan Rp80.000-Rp100.000 per kilogram di Kota Medan. Sebaliknya, harga bawang merah berkisar Rp60.000 per kilogram.
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Eusebio Chysnamurti
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Eusebio Chysnamurti

Bisnis.com, MEDAN – Dua pekan setelah Iduladha 2022, harga sejumlah komoditas pangan di Sumatra Utara bertahan mahal yakni harga cabai dan bawang merah.

Harga cabai merah bertahan Rp80.000 - Rp100.000 per kilogram di Kota Medan, sedangkan harga bawang merah berkisar Rp60.000 per kilogram.

"Harganya masih tetap Rp85.000 untuk cabai merah, kalau bawang Rp45.000," kata pedagang Beru Sembiring kepada Bisnis, Jumat (22/7/2022).

Menurut pengamat ekonomi asal Universitas Islam Sumatra Utara Gunawan Benjamin, harga dua komoditas tersebut terbilang masih di atas harga keekonomian. Apalagi Iduladha telah berlalu.

"Dan terbilang sangat mahal," kata Gunawan.

Sementara itu, untuk harga sejumlah komoditas lainnya masih terpantau stabil di Kota Medan antara lain daging ayam, telur ayam, daging sapi, beras dan bawang putih.

Di sisi lain, harga minyak goreng curah di Kota Medan saat ini justru mendekati Harga Eceran Tertinggi (HET). Hanya di Kota Gunung Sitoli yang harganya masih di kisaran Rp19.000 per kilogram.

"Khusus untuk harga minyak goreng justru berkinerja sebaliknya. Belakangan ini harga minyak goreng di sejumlah kota sudah mencapai HET," kata Gunawan.

Gunawan memprediksi harga sejumlah komoditas pangan akan kembali mengalami penurunan pada Agustus 2022. Bahkan, katanya, penurunan tersebut berpeluang menyebabkan deflasi.

"Di Bulan Agustus nantinya, saya melihat Sumatra Utara baru akan berpeluang untuk mencetak deflasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper