Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Sumbar Dorong Para Milenial Dirikan Koperasi: Contoh Bung Hatta

Para generasi muda atau milenial di Provinsi Sumatra Barat ditantang untuk mendirikan koperasi yang konsepnya sesuai dengan kondisi zaman.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  18:35 WIB
Gubernur Sumbar Dorong Para Milenial Dirikan Koperasi: Contoh Bung Hatta
Gubernur Sumbar Mahyeldi di acara peringatan Hari Koperasi Nasional 2022 di Halaman Kantor Gubernur, di Padang, Senin (18/7/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Para generasi muda atau milenial di Provinsi Sumatra Barat ditantang untuk mendirikan koperasi yang konsepnya sesuai dengan kondisi zaman.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan sudah saatnya ada konsep koperasi yang menarik yang dilahirkan oleh milenial. Karena para milenial kini akan menjadi pelaku usaha dan ekonomi masa depan.

"Sumbar dikenal sebagai Provinsi Koperasi, karena Bung Hatta itu lahirnya di Sumbar. Anak muda sudah saatnya bergerak untuk membuat Bung Hatta ini tersenyum," kata Mahyeldi, saat memperingati Hari Koperasi Nasional bersama ASN di Padang, Senin (18/7/2022).

Menurutnya agar hal itu dapat berjalan, diperlukan peran dari perguruan tinggi untuk memberikan pembekalan kepada generasi millenial untuk berwirausaha. Begitu juga dari pemerintah daerah dan dinas koperasi, akan memberikan dukungan.

Mahyeldi melihat, bila konsep koperasi dari milenial ini ada di Sumbar, maka akan memudahkan para milenial untuk berkoperasi dalam mengakselerasi tumbuhnya jumlah koperasi di Ranah Minang.

"Sekaligus menjadi menarik bagi koperasi yang didirikan oleh milenial, khususnya yang memiliki kesamaan hobi ataupun komunitas maupun mereka yang ingin mendirikan perusahaan rintisan/startup," kata gubernur.

Untuk itu, dalam peringatan Hari Koperasi Nasional 2022 mengangkat tema Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan, itu diharapkan dapat menimbulkan kesadaran para milenial, dan juga kepada ASN tergabung kedalam anggota koperasi, agar koperasi-koperasi di Sumbar ini tidak kalah eksistensinya dengan lembaga perbankan lainnya.

“Alhamdulillah Koperasi Pegawai Negeri adalah koperasi yang paling baik di Sumbar, umurnya sudah begitu tua, seharusnya lebih besar lagi potensi yang harus dikelola, dan aktivitas koperasi harus bisa kita kembangkan,” imbuh gubernur.

Dalam pidatonya gubernur mengatakan, hal tersebut sesuai dengan yang diinginkan Presiden RI Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi keuangan syariah.

"Artinya dengan begitu, kita di Provinsi Sumbar yang memang harus menjadi provinsi pilot project yang penerapan keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia sesuai apa yang ditargetkan dari Bapak Presiden," kata gubernur.

Rangkaian memperingati Hari Koperasi Nasional di Sumbar ini, juga diumumkan penghargaan kepada juara satu dalam penghargaan Kategori Koperasi Konsumen Syariah Kota Bukittinggi, juara dua diberikan oleh KPRI Tunas Jaya Kabupaten. Sijunjung, Juara ketiga KPRI RSUD Lubuk Basung Kabupaten Agam. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

koperasi sumbar
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top