Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hutama Karya Catat 22.000 Kendaraan Melintas di Tol Pekanbaru-Dumai di Puncak Arus Mudik

Hutama Karya mencatat jumlah kendaraan yang melintas sekitar 22.000 lebih atau naik 49,84 persen dibandingkan lalu lintas normal pada puncak arus mudik di H-3 Lebaran.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  11:29 WIB
Foto udara Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, Sabtu (26/9/2020). Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September kemarin dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. ANTARA FOTO - FB Anggoro
Foto udara Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, Sabtu (26/9/2020). Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September kemarin dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. ANTARA FOTO - FB Anggoro

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Hutama Karya menyatakan puncak arus mudik di ruas tol Pekanbaru-Dumai pada tahun ini terjadi pada H-3 Lebaran 2022, dengan kenaikan jumlah pengendara yang melintas sebesar 49,84 persen.

Branch Manager Hutama Karya Permai Indrayana menjelaskan kenaikan jumlah kendaraan yang melintas pada H-3 Lebaran itu mencapai 22.000 lebih mobil.

"Puncak momen mudik di Tol Pekanbaru-Dumai itu pada H-3 Lebaran, dengan jumlah kendaraan yang melintas sekitar 22.000 lebih atau naik 49,84 persen dibandingkan lalu lintas normal," ujarnya Selasa (3/5/2022).

Sebelum itu pihaknya mencatat kenaikan jumlah kendaraan melintas sudah berlangsung sejak pada H-7 Lebaran 2022, sepekan menjelang Idulfitri tahun ini.

"Dari data kami jumlah pengendara yang melintasi tol Permai terus meningkat, pada H-7 naik 19,75 persen kemudian H-6 naik 30,50 persen, dan untuk H-5 itu arus lalin naik 36,48 persen," ujarnya.

Dia mengakui pada momen mudik tahun ini terdapat kepadatan arus lalu lintas kendaraan yang keluar melalui Gerbang Tol Bathin Solapan. Kendaraan yang akan keluar tol ini didominasi mobil pribadi yang akan melanjutkan perjalanan ke arah Sumatra Utara, melalui jalan nasional.

"Memang betul ada antrean kendaraan yang akan keluar dari tol Permai melalui gerbang tol Bathin Solapan. Namun saat ini masih terkendali. Salah satu kendala utama yang terjadi adalah saldo kartu tol pengendara tidak cukup sehingga harus melakukan top up sebelum membayar biaya tol," ujarnya.

Untuk mengurai kepadatan kendaraan, pihaknya melakukan sejumlah upaya diantaranya dengan menurunkan Tim Asongan, yang membantu pengendara melakukan isi ulang saldo, membantu proses tapping di gerbang keluar sehingga proses transaksi dapat lebih cepat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutama karya arus mudik tol sumatra
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top