Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kinerja Terbaik Sepanjang Sejarah, PTPN V Cetak Laba Rp1,3 Triliun

PTPN V berhasil menjadi satu-satunya anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) yang mampu mencapai target produksi hingga meraih laba tertinggi sepanjang Januari 2022.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 13 Maret 2022  |  20:14 WIB
CEO PTPN V, Jatmiko Santosa (kiri) berfoto bersama dengan salah seorang pemanen terbaik, Suherman Nasution (kanan kemeja batik) dari Distrik Barat Kebun Sei Berlian. Dalam peringatan HUT PTPN V ke-26, anak perusahaan Holding PTPN III (Persero) itu menyerahkan penghargaan kepada para karyawan mulai dari pemanen, penderes, hingga mandor yang tercatat memiliki kinerja terbaik sepanjang 2021 lalu.  - Istimewa
CEO PTPN V, Jatmiko Santosa (kiri) berfoto bersama dengan salah seorang pemanen terbaik, Suherman Nasution (kanan kemeja batik) dari Distrik Barat Kebun Sei Berlian. Dalam peringatan HUT PTPN V ke-26, anak perusahaan Holding PTPN III (Persero) itu menyerahkan penghargaan kepada para karyawan mulai dari pemanen, penderes, hingga mandor yang tercatat memiliki kinerja terbaik sepanjang 2021 lalu. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Perkebunan Nusantara V berhasil mencatatkan kinerja terbaik sepanjang sejarah dengan torehan laba unaudited tertinggi sejak perusahaan berdiri yaitu mencapai Rp1,3 triliun.

Selain itu, mengawali 2022 ini, PTPN V juga berhasil menjadi satu-satunya anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) yang mampu mencapai target produksi hingga meraih laba tertinggi sepanjang Januari 2022.

Pencapaian itu menjadi kado terindah anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) tersebut yang merayakan hari ulang tahun ke-26. 

"Saya dengan bangga berterimakasih kepada teman-teman semua. We are different. Kita sudah berada di kelas yang berbeda," tegas Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa dalam sambutannya di Pekanbaru, Sabtu (12/3/2022). 

Ia menjelaskan bahwa perusahaan yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning tersebut menjunjung tinggi kejujuran dan validitas data dalam seluruh lini aktivitas operasional Perusahaan.

"Dengan kejujuran itu, kita terbukti mampu menikmati laba tahun 2021 yang merupakan laba tertinggi selama sejarah PTPN V berdiri. Dan pada Januari 2022 kemarin, kita menjadi satu-satunya perusahaan yang mencapai target produksi serta mencatat laba tertinggi di seluruh Holding Perkebunan Nusantara," urainya. 

Jatmiko menyadari kinerja satu bulan belum bisa menjadi acuan kinerja perusahaan selama setahun mendatang. Namun begitu, ia tetap percaya bahwa dengan konsistensi dan persistensi dalam melaksanakan transformasi yang diusung dalam tiga tahun terakhir telah membuat PTPN V menjadi perusahaan berbeda dimata seluruh stakeholder. 

"Ini satu hal luar biasa. Saya rasa sudah sangat wajar, kita berbangga dengan kejujuran kita. Dengan langkah kanan kita sepenuh hati berbicara apa adanya," lanjutnya. 

PTPN V bersama dengan seluruh anak perusahaan yang bernaung di bawah Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) merayakan HUT serentak ke-26 pada 11 Maret 2022 ini. Perayaan HUT PTPN V sendiri diselenggarakan berselang satu hari setelah perayaan serupa dilaksanakan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) di Jakarta dan disiarkan secara daring pada Jumat kemarin (11/3/2022). 

Perayaan HUT PTPN V yang dipusatkan di Joglo Bale Nusantara berkonsep ruang terbuka, Kantor Direksi PTPN V, Jalan Rambutan, Kota Pekanbaru berlangsung secara sederhana dan mengedepankan protokol kesehatan ketat. Bahkan, sebagian besar para karyawan plat merah itu diminta mengikuti jalannya seremoni secara daring untuk menghindari kerumunan. 

Meski berlangsung sederhana, sosok yang tiga tahun terakhir menakhodai PTPN V hingga berhasil mengantarkan perusahaan yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning, Riau, meraih beragam prestasi dan mencetak berbagai inovasi tersebut berharap tidak mengurangi makna sebenarnya pada peringatan di hari bersejarah itu.

Menurut Jatmiko, usia 26 tahun sudah sepantasnya menjadi angka yang cukup dewasa bagi PTPN V untuk terus mencatatkan kinerja prima. Untuk itu, ia bersyukur seluruh insan PTPN V terus berkomitmen memberikan dukungan tanpa henti untuk melaksanakan semangat transformasi dan berinovasi. 

"Inovasi-inovasi yang telah kita lakukan di PTPN V dalam tiga tahun ini, apakah itu kebijakan-kebijakan operasional, program sawit rakyat, dekarbonisasi, digitalisasi NBEX, Millena, Olidos, Intank, Alhamdulillah telah menjadi pattern dan dijadikan contoh serta diterapkan di seluruh perusahaan di bawah holding perkebunan Nusantara," paparnya. 

Beragam apresiasi dan penghargaan pun mengalir dari berbagai kalangan. Mulai dari leadership, kinerja, digitalisasi hingga pendekatan perusahaan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang ia harapkan harus menjadi positive driver agar PTPN V melaju lebih baik di masa mendatang. 

"Alhamdulillah, kemarin, Holding Perkebunan menobatkan PTPN V sebagai PTPN Tergesit di 2021, dengan ukuran utama responsive, proaktif, solutif, disiplin dan inovatif. Bahkan Pak Menteri BUMN sendiri secara langsung di Sei Galuh tanpa ragu menyampaikan bahwa program yang telah kita gulirkan adalah program-program luar biasa dan berdampak positif terhadap ekonomi petani," urainya. 

"Program yang menurut Pak Menteri harus terus dipertahankan meski nantinya Direksi dan Komisaris berganti. Apresiasi pak menteri tidak berhenti sampai di sana. Pada saat kegiatan penanaman pohon serentak tujuh provinsi BUMN Hijaukan Indonesia, di hadapan seluruh BUMN di Indonesia, beliau kembali meminta kita, PTPN V untuk melanjutkan program-program pro rakyat dengan meningkatkan ekonomi petani sejalan dengan program-program lingkungan hidup yang telah dijalankan," lanjutnya. 

Jatmiko mengakui bahwa beragam prestasi yang telah diukir PTPN V tidak datang secara tiba-tiba, melainkan buah dari hasil kerja keras, integritas, dan komitmen berlandaskan prinsip AKHLAK. 

"Terima kasih sahabat-sahabat Serikat Pekerja yang telah menunjukkan kesamaan pandangan dan langkah dari hari pertama saya ada di sini. Terima kasih saudara-saudaraku tercinta, atas segala upaya, segala niat baik dan segala bukti nyata bersungguh-sungguh melakukan perbaikan di segala lini.

Lebih jauh, Jatmiko mengingatkan agar setiap prestasi yang diraih hari ini tidak serta merta membuat segenap insan PTPN V jumawa. Dia mengajak agar insan PTPN V tetap mawas diri, instrospeksi, dan bermuhasabah. 

"Marilah kita bertanya pada diri sendiri, apakah kita menginginkan untuk mempertahankan segala pencapaian yang kita raih, bahkan meningkat menjadi pekebun hebat yang sebenarnya? Atau justru kita menginginkan kembali menuju titik awal sebelum perbaikan-perbaikan di segala lini ini kita mulai lakukan," tanyanya. 

"Sebagaimana yang telah saya sampaikan di awal-awal saya ada bersama saudara-saudara di PTPN V ini tiga tahun lalu, bahwa ruang terbesar di dunia adalah ruang perbaikan, The Biggest Room In The World, is Room for Improvement, maka kami mengajak saudara saudara untuk istiqomah mengawal perbaikan-perbaikan yang sudah kita mulai, jangan pernah kasih kendor untuk terus melakukan perbaikan. Bersama, kita menjadi juara yang sesungguhnya, Aamiiin," urainya. 

Senada CEO, Komisaris Utama PTPN V Fauzi Yusuf mengakui bahwa perusahaan yang memiliki kebun produktif seluas 71.000 hektare tersebut mengatakan bahwa PTPN V di bawah kepemimpinan *Direksi saat ini* berada pada level yang berbeda. "Insan PTPN V hari ini adalah mereka yang memiliki mental juara," katanya. 

Meski begitu, ia meminta PTPN V jangan berhenti berlari dan terus melakukan terobosan serta inovasi agar menjadi perusahaan yang maju. "Sejarah telah membuktikan, kemunduran itu bukan karena kesalahan atau berdiam diri. Namun karena kurang cepat dalam bergerak. Di hari ulang tahun ini, saya berharap PTPN V dapat mencapai kemajuan dari waktu ke waktu," imbaunya. 

Dalam peringatan HUT PTPN V yang ke-26 ini turut diselenggarakan penyerahan penghargaan yang diberikan kepada Unit Bisnis (Distrik), Unit Usaha (Kebun/PKS), Unit Kerja (Afdeling, Bidang Administrasi Tata Usaha, Bidang Administrasi Personalia), Mandor I Tanaman, Mandor Panen dan Deres serta Pemanen dan Penderes terbaik yang telah meraih prestasi dalam pencapaian kinerja sepanjang tahun 2021.

Pemberian penghargaan ini merupakan salah satu wujud dari komitmen manajemen perusahaan dalam menerapkan sistem reward and punishment secara berkesinambungan dan merupakan bagian implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) di lingkungan perusahaan. Para penerima penghargaan kinerja terbaik pun berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai, plakat, serta cinderamata. 

Selain itu, perusahaan turut memberikan penghargaan masa kerja kepada 1.067 karyawan yang telah mengabdi selama 35 tahun, 30 tahun, 25 tahun, dan 20 tahun. 

Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama PTPN V turut menyalurkan beragam bantuan sosial secara simbolis berupa penyaluran 2,6 ton sembako kepada 26 panti asuhan di sekitar unit usaha perusahaan, 26 unit perangkat komputer berikut akses internet gratis selama satu tahun ke sejumlah sekolah di pedalaman, hingga 26.000 bibit ikan kepada UMKM dan kelompok disabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau sawit ptpn v
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top