Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempa Magnitudo 4,9 Getarkan Nagan Raya

Menurut analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 3.52 LU dan 96.51 BT.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 16 Januari 2022  |  18:17 WIB
Titik gempa di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, pada Minggu (16/1/2022) pukul 13:52:32 WIB.  - Istimewa
Titik gempa di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, pada Minggu (16/1/2022) pukul 13:52:32 WIB. - Istimewa

Bisnis.com, NAGAN RAYA - Gempa tektonik M 4,9 mengguncang Kabupaten Nagan Raya, Aceh, pada Minggu (16/1/2022) pukul 13:52:32 WIB. Guncangan juga dirasakan warga Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, dan sekitarnya.

Menurut analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 3.52 LU dan 96.51 BT.

"Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 61 kilometer Barat Daya Blang Pidie pada kedalaman 23 kilometer," ujar Kepala BBMKG Wilayah I Medan Darmawan melalui keterangan tertulis.

Berdasar lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, jenis gempa bumi melanda dikategorikan dangkal. Hal ini dipicu aktivitas sesar lokal di wilayah tersebut.

Guncangan gempa dirasakan di Nagan Raya II-III MMI. Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa tersebut. Begitu pun hingga pukul 14:20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi," kata Darmawan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa aceh
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top