Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BTN Syariah Hadir di Padang, Gubernur: Sumbar Perkuat Ekonomi Syariah

Mahyeldi menyebutkan keberadaan ekonomi syariah, juga telah menjadi keinginan Presiden Joko Widodo. Karena presiden berharap Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  18:25 WIB
Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi (kedua kiri) usai meresmikan Kantor Cabang BTN Syariah Padang. - Istimewa
Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi (kedua kiri) usai meresmikan Kantor Cabang BTN Syariah Padang. - Istimewa

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat semakin percaya diri untuk menjadi daerah ekonomi syariah, dengan hadirnya BTN Syariah di Kota Padang.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan kehadiran BTN Syariah dapat memperkuat implementasi ekonomi syariah di Ranah Minang.

"Kita sejak awal sudah konsen untuk mengembangkan ekonomi syariah ini. Sekarang kita perkuat lagi. Dengan hadirnya BTN Syariah diharapkan bisa mendukung implementasinya lebih cepat," kata gubernur, saat meresmikan Kantor BTN Syariah Padang di jalan Belakang Olo, Kecamatan Padang Barat, Padang, Selasa (28/12/2021).

Mahyeldi menyebutkan keberadaan ekonomi syariah, juga telah menjadi keinginan Presiden Joko Widodo. Karena presiden berharap Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia.

Keinginan itu didukung oleh fakta bahwa ekonomi syariah tidak hanya diminati oleh umat islam tetapi juga oleh masyarakat umum termasuk negara-negara Eropa.

Untuk itu, dalam konteks itu Sumbar ingin ikut berkontribusi terhadap keinginan presiden itu.

"Kita juga tengah mengusahakan Bank Nagari bisa secepatnya dikonversi menjadi perbankan syariah," katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang BTN Syariah Padang Toni Ardiansyah mengatakan hadirnya BTN Syariah diharapkan dapat melengkapi layanan Bank BTN yang sebelumnya telah ada di Sumbar.

"Ini juga bukti komitmen bank BTN mendukung ekonomi syariah di Sumbar," sebut Toni.

Dia menjelaskan ada sejumlah produk di BTN Syariah ini, yakni Deposito BTN iB. Di sini ada investasi berjangka bagi perorangan atau lembaga dengan bagi hasil kompetitif yang menggunakan akad mudharabah mutlaqah (Investasi), yaitu kerja sama antara dua pihak dengan keuntungan dan kerugian dibagi menurut nisbah yang disepakati dimuka.

Lalu ada Penerimaan Biaya Perjalanan Haji. Layanan ini untuk mempermudah impian Ibadah Haji ke Tanah Suci yang terintegrasi langsung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Online, mulai dari pembayaran setoran awal untuk mendapatkan nomor porsi sampai dengan pelunasan keberangkatan.

Tidak hanya itu, kata Toni, di BTN Syariah juga ada KPR BTN Platinum iB. Artinya ada pembiayaan yang hadir sebagai solusi bagi kepemilikan rumah, ruko, hingga apartemen yang menjadi idaman, baik untuk pertama kali, yang kedua, atau bahkan yang ketiga melalui proses yang cepat, uang muka ringan dan angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan melalui akad murabahah (jual beli) yang memberikan berbagai macam manfaat.

"Kita juga punya Mobile Wakaf NU BTN Syariah. Layanan Perbankan yang memudahkan masyarakat untuk melakukan ibadah wakaf dengan cara yang praktis dan aman melalui smartphone tanpa harus mengunjungi Kantor BTN Syariah atau Lembaga wakaf," tutup Toni. (k56).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar btn syariah
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top