Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sumsel Imbau Kepala Daerah Permudah Warga Isi Tabung Oksigen

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mengimbau kepala daerah yang ada di provinsi itu untuk mempermudah akses warga untuk mendapat oksigen gratis di posko yang ada di Palembang.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mengimbau kepala daerah yang ada di provinsi itu untuk mempermudah akses warga untuk mendapat oksigen gratis di posko yang ada di Palembang.

Deru mengatakan permintaan oksigen gratis dari masyarakat, terutama dari luar Kota Palembang, cukup tinggi. Diketahui, saat ini posko pengisian oksigen berada di kompleks PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang.

“Saya betul-betul mengharapkan para kepala daerah, yakni bupati dan walikota untuk memfasilitasi ini,” katanya, Selasa 3/8/2021).

Menurut Deru, kepala daerah tersebut dapat memfasilitasi distribusi tabung gas milik masyarakat maupun fasilitas kesehatan setempat untuk dibawa ke posko pengisian. 

Gubernur menilai cara itu menjadi salah satu alternatif yang dinilainya sangat efektif. Mengingat jika harus mengirim oksigen cair ke kabupaten/kota, belum tentu di rumah sakit tersebut memiliki penampungan.  

“Pemprov siap menyediakan oksigen ini bagi seluruh masyarakat se-Sumsel yang membutuhkan, tentu untuk memudahkan perlu ada kolaborasi dengan daerah,” kata dia.

Seperti diketahui bahwa jenis oksigen itu terdiri dari dua macam, ada liquid oksigen yang hemat tempat tapi harus dikonversi menjadi gas terlebih dahulu agar bisa masuk ke tabung-tabung oksigen untuk pernapasan manusia.

Kemudian ada juga yang sudah berbentuk gas oksigen yang ada beredar di masyarakat untuk kegunaan bantuan pernafasan. 

Tabung gas oksigen itu, kata gubernur, umum dimiliki perorangan maupun yang dimiliki warga yang tengah melakukan isolasi mandiri. Bahkan dimiliki juga oleh faskes di desa-desa.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper