Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Kurban di Babel Wajib Beli dari Peternak Lokal

Para peternak di Bangka Belitung mendapatkan angin segar dari pemerintah daerah setempat yang mewajibkan warga yang ingin berkurban untuk membeli dari peternak lokal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Mei 2021  |  01:28 WIB
Ilustrasi sapi hewan kurban/Bisnis.com - Haffiyan.
Ilustrasi sapi hewan kurban/Bisnis.com - Haffiyan.

Bisnis.com, PANGKALPINANG – Pemprov Bangka Belitung mewajibkan masyarakat yang ingin berkurban untuk membeli hewan kurban dari peternak lokal.

“Gubernur Kepulauan Babel telah mengeluarkan surat edaran mengimbau masyarakat membeli hewan kurban dari peternak lokal," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Juaidi di Pangkalpinang pada Sabtu (29/5/2021).

Juaidi mengatakan berdasarkan Surat Edaran No. 524/0324/DPKP, Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan meminta wali kota dan bupati, kepala instansi vertikal, serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) agar membantu peternak menjual hewan kurban menjelang Iduladha 1442 Hijriyah.

Surat edaran itu, lanjutnya, dimaksudkan agar masyarakat atau instansi dengan peternak sapi sama-sama mendapatkan keuntungan jelang hari raya kurban.

Menurut dia, dengan membeli hewan kurban langsung ke peternak, masyarakat yang melaksanakan kurban akan mendapatkan harga lebih murah. Di sisi lain, peternak akan menerima pendapatan yang lebih dari harga kesepakatan dengan offtaker.

"Dengan membeli sapi kurban dari peternak lokal, secara tidak langsung kita sudah membantu kesejahteraan para peternak tersebut," kata Juaidi.

Dia menambahkan selain lebih murah, daging sapi kurban lokal yang ada saat ini memiliki kualitas relatif lebih baik karena merupakan sapi lokal jenis sapi Bali dan sapi Madura.

Jadi, lanjutnya, sapi-sapi peternak ini selain lebih murah, kualitas lebih bagus, juga dapat memberdayakan peternak setempat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bangka belitung hewan kurban

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top