Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Rohil Kini Bisa Nikmati Air Bersih, Dulunya Cuma Ada Air Hitam

Warga Rokan Hilir kini sudah bisa merasakan air bersih, usai pelaksanaan uji coba sambungan rumah proyek SPAM Durolis mulai berjalan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU-- Warga Rokan Hilir kini sudah bisa merasakan air bersih, usai pelaksanaan uji coba sambungan rumah proyek SPAM Durolis mulai berjalan.

Dulunya warga setempat harus ikhlas memakai air berwarna hitam, walaupun sudah dilakukan pembuatan sumur bor.

Karman, warga Kelurahan Rimba Melintang yang rumahnya sudah tersedia sambungan rumah SPAM Durolis untuk wilayah pelayanan Kabupaten Rokan Hilir, menceritakan pengalamannya saat ini.

"Gugup saya [bertemu gubernur]. Saya terharu pak dengan program SPAM Durolis, karena dengan program air bersih yang bisa diminum ini, sangat membantu kami dan kami bisa menikmatinya, karena biasanya kami hanya menggunakan air hitam meskipun sudah menggunakan sumur bor," ujarnya saat dikunjungi Gubernur Riau, Syamsuar.

Dengan pengalaman yang berkesan itu, Syamsuar mengingatkan masyarakat yang rumahnya sudah tersambung SPAM Regional Durolis untuk wilayah pelayanan Kabupaten Rokan Hilir, agar fasilitas tersebut dijaga dan jika ada kendala atau ada kerusakan, agar segera dilaporkan supaya bisa perbaiki secepat mungkin.

Syamsuar sebelumnya sudah mencoba keran air minum yang sudah tersedia di setiap rumah warga yang merupakan sambungan rumah SPAM Durolis di Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir.

"Sudah coba beberapa rumah dekat sini, ternyata airnya sudah dialiri kesetiap rumah," ujarnya dalam siaran pers Kamis (8/4/2021).

Adapun proyek SPAM Durolis dibiayai oleh anggaran bersama antara pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten di lokasi pembangunan proyek.

Pembangunan SPAM Durolis di lahan seluas 2 hektare (ha) ini bakal dinikmati oleh ratusan ribu masyarakat Durolis. Data Pemprov Riau menunjukkan investasi proyek SPAM Durolis mencapai Rp672,01 miliar dan dibangun dengan kapasitas air 1.500 liter per detik.

Lingkup wilayah SPAM Durolis terdiri dari Kota Dumai yakni Kecamatan Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur dan Dumai Selatan.

Kemudian, Kabupaten Rokan Hilir yang melingkupi Kecamatan Tanjung Belawan, Bangko, Rimba Melintang, Batu Hampar, dan Kecamatan Bangko Pusako.

SPAM ini juga akan dinikmati Kabupaten Bengkalis, tepatnya warga Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper