Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Februari 2021, Kunjungan Wisman ke Riau Turun Signifikan

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau pada Februari 2020 turun menjadi 4.105 kunjungan dibandingkan dengan angka pada bulan sebelumnya yang mencapai 5.581 kunjungan.
Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru. /Istimewa
Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau pada Februari 2020 turun menjadi 4.105 kunjungan dibandingkan dengan angka pada bulan sebelumnya yang mencapai 5.581 kunjungan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau merilis perkembangan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) berdasarkan pintu masuk bandara, pelabuhan, dan berdasarkan Mobil Positioning Data (MPD) selama Februari 2021.

Kepala BPS Riau Misfaruddin mengatakan berdasarkan pintu kedatangan Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, ada 3 orang wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Riau. 

Kemudian, berdasarkan MPD pada Februari 2021, tercatat ada 4.105 wisman di Riau. MPD adalah perhitungan data wisman di area perbatasan dengan teknologi digital. Di Indonesia baru ada 20 daerah yang menggunakan teknologi ini. Di Riau hanya 1, yakni di Bengkalis. 

Misfaruddin menjelaskan, bahwa belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia masih menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Riau.

"Pada bulan sebelumnya, hanya ada satu kunjungan wisman yang datang ke Riau, melalui pintu masuk bandara, sehingga jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi kenaikan 200 persen pada Februari 2021," katanya dalam siaran pers Minggu (4/4/2021).

Sementara itu perkembangan jumlah wisman di Riau pada Januari berdasarkan MPD, tercatat ada 5.581 wisman.

Jika dilihat pada periode yang sama pada 2020, yang mana kondisi masih normal atau tidak ada pandemi Covid-19, jumlah wisman yang datang berdasarkan empat pintu masuk (bandara/pelabuhan), mencapai 3.762 kunjungan, atau terjadi penurunan drastis pada Februari 2021.

Pola kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau melalui Bandara SSK II yang berada di Pekanbaru selama tahun 2018-2019 menunjukkan kondisi yang cukup berfluktuasi.

Sebaliknya, pada Maret 2020, sedikitnya ada 1.239 wisman yang berkunjung ke Riau, melalui pintu masuk Bandara SSK II. Kemudian, karena pandemi Covid-19, pada April hingga Desember hanya ada 10 wisman. 

"Karena masih kondisi pandemi, sejauh ini belum ada wisman yang masuk dari Pelabuhan Internasional Bengkalis, Pelabuhan Dumai dan Pelabuhan Kepulauan Meranti."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper