Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Februari 2021, Kunjungan Wisman ke Riau Turun Signifikan

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau pada Februari 2020 turun menjadi 4.105 kunjungan dibandingkan dengan angka pada bulan sebelumnya yang mencapai 5.581 kunjungan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 April 2021  |  22:29 WIB
Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru.  - Istimewa
Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau pada Februari 2020 turun menjadi 4.105 kunjungan dibandingkan dengan angka pada bulan sebelumnya yang mencapai 5.581 kunjungan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau merilis perkembangan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) berdasarkan pintu masuk bandara, pelabuhan, dan berdasarkan Mobil Positioning Data (MPD) selama Februari 2021.

Kepala BPS Riau Misfaruddin mengatakan berdasarkan pintu kedatangan Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, ada 3 orang wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Riau. 

Kemudian, berdasarkan MPD pada Februari 2021, tercatat ada 4.105 wisman di Riau. MPD adalah perhitungan data wisman di area perbatasan dengan teknologi digital. Di Indonesia baru ada 20 daerah yang menggunakan teknologi ini. Di Riau hanya 1, yakni di Bengkalis. 

Misfaruddin menjelaskan, bahwa belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia masih menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Riau.

"Pada bulan sebelumnya, hanya ada satu kunjungan wisman yang datang ke Riau, melalui pintu masuk bandara, sehingga jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi kenaikan 200 persen pada Februari 2021," katanya dalam siaran pers Minggu (4/4/2021).

Sementara itu perkembangan jumlah wisman di Riau pada Januari berdasarkan MPD, tercatat ada 5.581 wisman.

Jika dilihat pada periode yang sama pada 2020, yang mana kondisi masih normal atau tidak ada pandemi Covid-19, jumlah wisman yang datang berdasarkan empat pintu masuk (bandara/pelabuhan), mencapai 3.762 kunjungan, atau terjadi penurunan drastis pada Februari 2021.

Pola kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau melalui Bandara SSK II yang berada di Pekanbaru selama tahun 2018-2019 menunjukkan kondisi yang cukup berfluktuasi.

Sebaliknya, pada Maret 2020, sedikitnya ada 1.239 wisman yang berkunjung ke Riau, melalui pintu masuk Bandara SSK II. Kemudian, karena pandemi Covid-19, pada April hingga Desember hanya ada 10 wisman. 

"Karena masih kondisi pandemi, sejauh ini belum ada wisman yang masuk dari Pelabuhan Internasional Bengkalis, Pelabuhan Dumai dan Pelabuhan Kepulauan Meranti."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau wisman
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top