Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dalam Sebulan, Hanya Ada 54 Kunjungan Wisman ke Sumut

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Utara mencatat terdapat 54 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatra Utara pada Desember 2020.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 02 Februari 2021  |  13:18 WIB
Dalam Sebulan, Hanya Ada 54 Kunjungan Wisman ke Sumut
Ilustrasi - Antara
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Utara mencatat terdapat 54 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatra Utara pada Desember 2020.

Jumlah ini mengalami kenaikan 22,73 persen atau bertambah 10 kunjungan dibanding bulan November, sebanyak 44 kunjungan.

Bila dibandingkan dengan Desember 2019 (yoy), jumlah wisman pada bulan Desember 2020 mengalami penurunan 99,78 persen. Pada Desember 2019 terdapat 24.113 kunjungan ke Sumut.

“Jumlah ke-54 kunjungan ke Sumatra Utara semuanya melalui Bandara Kualanamu,” kata Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi, Selasa (2/2/2021).

Terdapat empat pintu masuk perjalanan internasional di Sumut, yaitu Bandara Kualanamu, Pelabuhan Belawan, Bandara Silangit, dan Pelabuhan Tanjungbalai Asahan.

Syech menyatakan penurunan kunjungan wisman terbesar terjadi pada jumlah wisman yang datang melalui Pelabuhan Tanjungbalai Asahan dan Bandar Udara Silangit. Masing-masing turun sebesar 100,00 persen.

Bila dilihat dari negara asal, kunjungan wisatawan dari Malaysia memberi andil terbesar dari total kunjungan wisman ke Sumut pada Desember 2020, yaitu 21 kunjungan atau 38,89 persen dari total kunjungan.

“Kemudian dari Sungapura ada empat kunjungan, dari India juga empat kunjungan, dan Australia serta Thailand dengan dua kunjungan,” imbuh Syech.

Sebelumnya, BPS Sumut sempat mencatat jumlah kunjungan WIsman ke Sumut pada di bulan November mencapai 1.366 kunjungan. Hal tersebut tertuang dalam Berita Resmi Statistik Januari 2021.

Tim humas BPS Sumut menyatakan terjadi kesalahan pengetikan pada data tersebut, sehingga jumlah kunjungan wisman pada November 2020 yang benar adalah 44 kunjungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top