Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sebanyak 456.614 Pelanggan PLN di Sumbar Menikmati Stimulus Covid-19

Sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat bahwa stimulus untuk pelanggan PLN masih berlanjut di tahun 2021 yakni dari Januari-Maret 2021.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  17:22 WIB
Satu unit rumah yang amat sederhana di Desa Tabek, Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, tampak telah dialiri listrik untuk penerangan rumah di pedesaan. - Bisnis/Noli Hendra
Satu unit rumah yang amat sederhana di Desa Tabek, Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, tampak telah dialiri listrik untuk penerangan rumah di pedesaan. - Bisnis/Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) kembali memberlakukan stimulus Covid-19 kepada sejumlah pelanggan dengan berbagai ketentuan terhitung 7 Januari 2021 besok hingga bulan Maret 2021 mendatang.

General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto mengatakan sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat bahwa stimulus untuk pelanggan PLN masih berlanjut di 2021 yakni dari Januari-Maret 2021.

"Di Sumbar sendiri pelanggan yang telah menikmati stimulus itu di tahun 2020 yakni 328.697 pelanggan pascabayar dan 156.917 pelanggan prabayar. Jadi selain upaya peningkatan keandalan listrik, PLN juga tidak berhenti memberikan stimulus Covid-19 kepada pelanggan, khususnya pelanggan rumah tangga dan industri," katanya pada kegiatan jumpa pers dengan awak media di Padang secara virtual, Rabu (6/1/2021).

Dia menjelaskan untuk stimulus listrik gratis itu bisa dinikmati bagi pelanggan 450 VA. Sedangkan untuk diskon 50 persen tagihan listrik bagi pelanggan 900 VA bersubsidi.

Menurutnya, selain stimulus listrik gratis, sepanjang tahun 2020 PLN juga mengeluarkan stimulus tambah daya super wow bagi pelanggan rumah tangga daya golongan daya 450 VA sampai 4400 VA dengan pilihan daya akhir 2200 VA hingga 5500 VA.

Serta stimulus super merdeka diskon 75 persen naik daya untuk pelanggan UMKM golongan tarif bisnis dan industri untuk meringankan beban serta siap bangkit di masa pandemi ini.

"Pemerintah telah memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan PLN kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA hingga bulan Maret 2021," ujarnya.

Stimulus Covid-19 bagi pelanggan PLN sudah mulai bisa dinikmati pada tanggal 7 Januari 2021.

Sementara bagi pelanggan rumah tangga, program ini memberikan diskon 100 persen kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50% kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

Sistem kelistrikan Sumatera Barat sendiri memiliki daya mampu mencapai 743,62 MW dengan beban puncak sebesar 596,1 MW.

Oleh karenanya Sumbar memiliki energi listrik yang cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat baik melalui pembangkit lokal maupun yang sudah terintegrasi melalui sistem interkoneksi kelistrikan Sumatera. (k56)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN padang sumbar
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top