Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Nataru: Dinas Kesehatan Sumsel Tempatkan Petugas di Titik Keluar-Masuk

Dinas Kesehatan Sumatra Selatan bakal menempatkan petugas di sejumlah titik keluar dan masuk wilayah Sumatra Selatan selama libur natal dan tahun baru 2021.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Dinas Kesehatan Sumatra Selatan bakal menempatkan petugas di sejumlah titik keluar dan masuk wilayah Sumatra Selatan selama libur natal dan tahun baru 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini, mengatakan penempatan petugas kesehatan itu sebagai upaya screening terhadap pendatang yang akan berlibur di dalam maupun luar Sumsel.

Adapun entry point yang telah dipetakan pihaknya, mencakup pelabuhan, terminal, stasiun, bandara serta berbagai titik lainnya. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di masa libur Nataru.

“Seluruh pendatang akan dicek kondisi kesehatannya. Mulai dari pengecekan suhu tubuh dan lainnya. Sehingga, mereka yang melakukan perjalanan benar-benar dalam kondisi sehat,” katanya, Kamis (17/12/2020).

Lesty menjelaskan, petugas kesehatan nantinya akan melekat di posko Operasi Lilin 2020 yang dibentuk bersama instansi terkait. Seperti kepolisian, Dinas Perhubungan dan lainnya.

Sehingga untuk jumlah posko dan personel yang bakal diterjunkan, pihaknya masih menunggu hasil rapat koordinasi dengan tim Operasi Lilin 2020 dan Satgas Covid-19.

“Saat ini baru beberapa daerah yang sudah menggelar rakor. Untuk jumlah pastinya, kami masih menunggu laporan dari kabupaten/kota,” katanya.

Menurutnya, Satgas Covid-19 juga akan diterjunkan di sejumlah lokasi wisata. Mereka akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19, baik oleh pengunjung maupun pengelola tempat wisata. 

“Bahkan nanti ada polisi pariwisata yang dilibatkan untuk melakukan pengawasan Prokes di lokasi wisata,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya telah menginstruksikan fasilitas kesehatan di sepanjang jalur mudik, seperti puskesmas dan rumah sakit rujukan untuk tetap beroperasi selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

“Sehingga masyarakat masih tetap mendapat pelayanan kesehatan di saat cuti bersama,” katanya.

Lesty mengimbau, masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada libur Nataru untuk tetap menjaga kesehatannya. Baik sebelum maupun sesudah melakukan perjalanan. 

“Kalau memang kurang sehat, lebih baik tidak usah berlibur ke luar kota. Tetap di rumah saja. Kalaupun ingin berwisata, tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper