Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Auto2000 Home Service: Ujung Tombak Layanan Purna Jual Saat Pandemi

Di dalam mobil operasional teknisi, Toyota Avanza, tersedia segala perlengkapan yang dibutuhkan, mulai dari suku cadang, kunci-kunci, oli, mesin kompressor, memenuhi ruangan kendaraan tersebut, hanya tersisa kabin depan. Armada Auto2000 Home Service itu layak disebut bengkel berjalan.
Nilam Pertiwi, pelanggan Auto2000 Home Service, memantau layanan servis berkala yang dilakukan teknisi Auto2000 Home Service Tanjung Api-Api (TAA) Palembang di kediamannya. Bisnis-Dinda Wulandari
Nilam Pertiwi, pelanggan Auto2000 Home Service, memantau layanan servis berkala yang dilakukan teknisi Auto2000 Home Service Tanjung Api-Api (TAA) Palembang di kediamannya. Bisnis-Dinda Wulandari

Ridwan Fernando tiba di rumah Nilam Pertiwi 30 menit lebih awal dari jadwal booking pada Selasa (8/12/2020) pagi. 

Teknisi Auto2000 itu menyanggupi permintaan costumer pertamanya hari itu agar datang lebih cepat. Satu dari sekian kemudahan THS-Auto2000 Home Service, layanan servis ke rumah konsumen yang disediakan Auto2000. 

Toyota Rush milik Nilam terparkir di halaman seberang rumahnya yang terletak di Komplek Perumda, Jalan Letkol Sulaiman Amin, Kota Palembang. Dengan sigap Ridwan menyalakan mobil keluaran tahun 2018 itu. Matanya tertuju pada lampu-lampu indikator di dashboard, langkah awal mekanik Auto2000 Tanjung Api-Api (TAA) melakukan servis berkala pada kendaraan pelanggan. 

Pria yang sudah 5 tahun menjadi teknisi Auto2000 itu menjelaskan tak ada perbedaan antara servis di bengkel resmi dengan Auto2000 Home Service. Di dalam mobil operasional teknisi, Toyota Avanza, tersedia segala perlengkapan yang dibutuhkan, mulai dari suku cadang, kunci-kunci, oli, mesin kompressor, memenuhi ruangan kendaraan tersebut, hanya tersisa kabin depan. Armada Auto2000 Home Service itu sudah layak disebut bengkel berjalan.

“Bedanya cuma saya gak bawa car lift [alat pengangkat mobil secara keseluruhan] saja karena ya gak mungkin dibawa-bawa, jadi pakai dongkrak angin,” kata Ridwan seraya tertawa.

Pagi itu cukup terik, keringat tampak bercucuran di kening Ridwan, dengan menggunakan cleeper, ia melanjutkan pemeriksaan ke bawah kolong mobil. Meski suhu udara membuat gerah, namun Ridwan tak barang sedetik pun melepas masker medis dan sarung tangannya. Ini adalah bagian komitmen para awak Auto2000 Home Service untuk menerapkan protokol kesehatan selama bekerja.

“Kami harus meyakinkan konsumen bahwa kami datang dengan APD (alat pelindung diri) lengkap dan sesuai protokol kesehatan. Sehingga tingkat keamanan dan kenyamanan konsumen memakai jasa kami bertambah selama masa pandemi,” ujarnya.

Selang satu jam, servis berkala kendaraan milik Nilam kelar. Tak ada masalah berarti, hanya ganti oli dan pembersihan rem sesuai pemakaian dan jarak tempuh kendaraan. Kunci kendaraan pun lantas ia kembalikan ke si empunya.

Nilam mengaku ini bukan kali pertama ia memakai jasa THS-Auto2000 Home Service. Sejak Januari 2020, Nilam rutin memanggil mekanik Auto2000 TAA ke rumah untuk tune up kendaraannya.

“Saya tahu dari sales Auto2000. Meski sudah selesai jual-beli tetapi ia tetap perhatian dengan kendaraan saya, diingatkan untuk servis dan informasi-informasi layanan purnajual, salah satunya Auto2000 Home Service ini,” kata guru SD Muhammadiyah 14 Palembang itu.

Pengalaman menggunakan jasa Auto2000 Home Service pun bertambah ketika pandemi Covid-19 melanda. Nilam merasa makin nyaman merawat kendaraan, tanpa harus keluar rumah.

“Tidak ada kekhawatiran kalau teknisi datang, karena protokol kesehatannya cukup ketat,” katanya.

Kemudahan di Mana Saja

Service Manager Auto2000 TAA, Raja Nami Siregar, mengatakan Auto2000 Home Service menjadi ujung tombak pihaknya dalam melayani pelanggan selama masa pandemi.

“Apalagi untuk pelanggan yang belum berani keluar rumah, kita juga tahu kalau bengkel jadi tempat yang dikunjungi banyak orang,” ujarnya.

Ia memaparkan dalam kondisi normal, bengkel Auto2000 TAA bisa kedatangan 100 unit kendaraan per hari. Sehingga, bagi pelanggan yang masih khawatir ke bengkel, THS-Auto2000 Home Service menjadi pilihan utama.

Dia menerangkan saat ini setiap armada Auto2000 Home Service bisa melayani 4 hingga 5 konsumen per hari. Cabang Auto2000 terbesar di Kota Palembang itu memiliki 6 armada  yang siap meluncur ke tempat pelanggan berada. 

“Bahkan tidak cuma bisa ke rumah, armada kami bisa melakukan servis di mana saja, kantor, mal, pasar, asal ada tempat parkir,” katanya.

Raja memastikan, pelanggan pun tak perlu risau akan kemahiran para teknisi Auto2000 Home Service. Pasalnya, mereka telah mendapat pelatihan mekanik yang lebih tinggi dibanding mekanik bengkel. 

“Mereka ini teknisi yang pro, dilatih untuk menyelesaikan semua masalah kendaraan sendiri,” katanya.

Kemudahan layanan aftersales Auto2000, kata Raja, kini juga semakin erat dengan sentuhan teknologi digital. Pelanggan disodorkan banyak saluran untuk memesan jasa purnajual diler Toyota tersebut, mulai dari konvensional hingga platform digital berupa Auto2000 digiroom.

Dia mengemukakan untuk di cabang TAA, pemesanan Auto2000 Home Service masih banyak dari telepon hotline.

“Sisanya 20% lewat Whatsapp dan 30% lagi pemesanan lewat aplikasi Auto2000 Mobile dan Auto2000 Digiroom. Digiroom ini memberi experience baru dalam booking jasa, bahkan kita bisa pilih teknisinya siapa dari layar ponsel,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper