Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

November, Sumut Inflasi 0,33 Persen

Sumatra Utara mengalami inflasi sebesar 0,33 persen pada November 2020. Dari 24 kota IHK di Pulau Sumatra, inflasi tertinggi terjadi di Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara sebesar 0,64 persen.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN - Sumatra Utara mengalami inflasi sebesar 0,33 persen pada November 2020. Dari 24 kota IHK di Pulau Sumatra, inflasi tertinggi terjadi di Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara sebesar 0,64 persen.

Seluruh lima kota IHK di Sumut mengalami inflasi pada bulan November. Inflasi tertinggi terjadi pada Kota Pematangsiantar sebesar 0,64 persen. Selanjutnya terjadi di Padangsidimpuan sebesar 0,39 persen, Sibolga sebesar 0,34 persen, Medan sebesar 0,30 persen, dan Gunung Sitoli sebesar 0,15 persen.

Bila diakumulasikan, inflasi tahun kalender 2020 di Sumut sebesar 1,21 persen. Secara Year on year, Sumut mengalami inflasi sebesar 1,41 persen.

Dengan begitu, Inflasi November 2020 menyebabkan inflasi tahun kalender November 2020 (November 2020 terhadap Desember 2019) masing-masing kota sebagai berikut, Sibolga inflasi 1,09 persen; Pematangsiantar inflasi 1,29 persen; Medan inflasi 1,10 persen; Padangsidimpuan inflasi 2,25 persen; dan Gunung Sitoli inflasi 3,39 persen.

"Menurut kelompok pengeluaran, inflasi tertinggi Sumut di bulan November ada di kelompok transportasi sebesar 0,91 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik Sumatera Utara Syech Suhaimi dalam konferensi pers virtual Berita Resmi Statistik, Selasa (1/12/2020).

Hal ini dipengaruhi oleh kenaikan biaya angkutan udara, kenaikan harga mobil, dan kenaikan biaya transportasi online roda dua dan roda empat.

Kelompok tertinggi kedua adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan tingkat inflasi sebesar 0,71 persen. Sementara itu, andil inflasi kelompok ini di bulan November sebesar 0,23 persen. Kelompok ini memberi andil inflasi terbesar sepanjang bulan November.

"Terjadi kenaikan harga daging ayam ras, bawang merah, cabai merah, minyak goreng, dan telur ayam ras," kata Syech.

Inflasi bulan November di Sumut ini berada sedikit di atas nasional dengan tingkat inflasi nasional sebesar 0,28 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper