Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Medan Keluar dari Zona Merah Covid-19, Mal Siapkan Fasilitas Tambahan

Selain untuk mencegah penambahan kasus positif Covid-19, berbagai upaya dilakukan sekaligus untuk menaikkan tingkat kepercayaan pengunjung.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 16 November 2020  |  15:10 WIB
Ilustrasi. - Antara
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, MEDAN - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumut menyatakan Kota Medan keluar dari zona merah penyebaran Covid-19 dan masuk zona oranye sejak 8 November 2020 lalu. Mal di Medan menanggapi hal tersebut dengan menyiapkan fasilitas tambahan.

Salah satunya adalah pusat perbelanjaan Deli Park Medan. Pihak mall mulai menggunakan UV light sistem untuk optimalisasi kesehatan tata udara indoor mal tersebut. Fasilitas ini digunakan karena sinar UV dipercaya mampu membunuh virus, salah satunya virus Covid-19.

“Kami juga menambah lagi westafel dan alat-alat sanitizer di titik-titik penting mal,” kata Center Director Deli Park Medan Selvyn, Senin (16/11/2020).

Delipark juga memanfaatkan signage yang tesebar di area mal untuk mengampanyekan penerapan protokol kesehatan.

Selain untuk mencegah penambahan kasus positif Covid-19, upaya ini juga sekaligus untuk menaikkan tingkat kepercayaan pengunjung. Diharapkan dengan tingkat higienetas dan penerapan protokol kesehatan sesuai standar, pengunjung mau kembali lagi berbelanja ke pusat perbelanjaan tersebut.

Sementara itu, perubahan status Kota Medan dan pengaruh libur panjang hingga awal November berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung di mal Sun Plaza Medan.

“Untuk traffic kami belum ful operational, jadi belum bisa terlacak jumlah pengunjung, tetapi menurut pandangan mata tentunya ada (tambahan pengunjung) karena ada libur panjang,” ungkap Marketing Commmunication Manager Sun Plaza Medan Yokie, Senin (16/11/2020).

Menurutnya, standarisasi protokol kesehatan di mal tersebut tidak akan berubah, meskipun Medan bukan zona merah Covid-19 lagi. Petugas tetap disiagakan di tiap pintu masuk mall untuk memeriksa suhu tubuh pengunjung, mewajibkan penggunaan masker, menyediakan wastafel dan hand sanitizer di titik-titik penting, dan menerapkan prosedur jaga jarak terutama dalam antrean pembayaran di kasir.

Adapun, kedua mal tersebut tetap akan membatasi jam operasional mal selama masa pandemi Covid-19 ini. Mal tetap dibuka mulai pukul 11:00 hingga 20:00 pada weekday, dan pukul 11:00 hingga 21:00 pada weekend.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medan sumut
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top