Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rencana Investasi di Sumut Melonjak

Rencana proyek investasi yang meningkat pada Triwulan III/2020 diprediksi karena adanya pelonggaran pembatasan aktivitas.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 15 November 2020  |  22:02 WIB
Foto udara Interchange Helvetia di ruas tol Medan-Binjai yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra di Medan, Sumatra Utara, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Foto udara Interchange Helvetia di ruas tol Medan-Binjai yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra di Medan, Sumatra Utara, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, MEDAN - Rencana proyek investasi di Sumatra Utara pada Triwulan III/2020 terpantau meningkat tajam sebesar 446,98 persen dengan nilai proyek 30,27 triliun. Sebelumnya, recana investasi hanya berjumlah Rp1,31 triliun pada Triwulan II.

Terdapat tiga proyek investasi di Sumut yang direncanakan dimulai pada 2020, yaitu pembangunan jalan tol Indrapura Seksi 1, jaringan pipa regional Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang), dan pembangunan pusat perbelanjaan Living Plaza Cemara Asri Medan.

Rencana proyek investasi yang meningkat pada Triwulan III/2020 diprediksi karena adanya pelonggaran pembatasan aktivitas sejak diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru oleh pemerintah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara Wiwiek Sisto Widayat menjelaskan data rencana investasi tersebut sewaktu-waktu dapat berubah nilainya tergantung berapa nilai proyek yang terealisasi nantinya.

“Data di atas berupa rencana investasi yang ditetapkan, bukan direalisasikan pada tiap-tiap periode,” ungkap Wiwiek, Minggu (15/11/2020).

Laporan Perekonomian Sumatra Utara Triwulan III dari Bank Indonesia Sumatra Utara menunjukkan pembangunan jalan tol Indrapura telah dimulai pada 10 Agustus lalu dan diproyeksikan rampung pada Desember 2024. Nilai proyek investasi ini sebesar Rp1,9 triliun.

Rencana proyek pembangunan Living Plaza Cemara Asri medan juga dimulai pada bulan Agustus lalu dan akan selesai pada Desember 2021. Jumlah nilai proyek pembangunan ini adalah Rp360 miliar.

Sementara itu, bila tidak ada perubahan rencana, pembangunan jaringan pipa regional Mebidang akan dimulai pada Sabtu (21/11/2020) mendatang. Pembangunan ini diproyeksi rampung pada akhir Desember 2021. Nilai proyek pembangunan ini berjumlah Rp489 miliar.

Adapun mega proyek pembangunan tol di Sumut akan dimulai pada tahun 2022, di antaranya, pembangunan jalan tol Binjai-Tamiang-Langsa seksi 4 dengan nilai proyek invesasi Rp7,84 triliun, jalan tol Indrapura-Kisaran seksi 2 dengan nilai proyek Rp4.06 triliun, dan pembangunan jalan tol Binjai-Tamiang-Langsa seksi 3 senilai Rp3,8 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi sumut
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top