Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tenaga Kesehatan Pantau Peserta MTQN di Sumbar

Peserta MTQN Sumut maupun pendamping juga tidak diperkenankan keluar dari gedung hotel untuk mencegah tim menularkan Covid-19 dari luar.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 16 November 2020  |  10:17 WIB
Seorang qoriah tampil saat perlombaan cabang Qira'at Sab'ah Mujawwad Dewasa pada MTQ Nasional ke-28 di Masjid Raya Sumbar, Padang, Sumatra Barat, Minggu (15/11/2020). Sebanyak delapan cabang diperlombakan pada MTQ Nasional ke-28 dengan 12 lokasi di antaranya masjid-masjid besar dan auditorium kampus di kota itu. - Antara/Iggoy el Fitra.
Seorang qoriah tampil saat perlombaan cabang Qira'at Sab'ah Mujawwad Dewasa pada MTQ Nasional ke-28 di Masjid Raya Sumbar, Padang, Sumatra Barat, Minggu (15/11/2020). Sebanyak delapan cabang diperlombakan pada MTQ Nasional ke-28 dengan 12 lokasi di antaranya masjid-masjid besar dan auditorium kampus di kota itu. - Antara/Iggoy el Fitra.

Bisnis.com, MEDAN - Gubernur Sumatra Utara mengirimkan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Sumatra Utara mendampingi Kafilah Sumut yang bertanding di Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVIII di Sumatra Barat (Sumbar).

Hal ini bertujuan untuk memantau kesehatan peserta dan mengantisipasi peserta terpapar virus Covid-19. Peserta MTQN Sumut maupun pendamping juga tidak diperkenankan keluar dari gedung hotel untuk mencegah tim menularkan Covid-19 dari luar.

“Saat ini banyak yang harus kita jaga. Untuk itu sudah saya sampaikan kepada semua peserta kafilah dari Sumut, tidak boleh ada yang keluar dari hotel, baik peserta maupun pelatih pendamping, kecuali akan mengikuti lomba atau pun hal-hal yang penting,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit, Senin (16/11/2020).

Peserta MTQN dan pendamping juga dilarang berkumpul dalam satu kamar hotel. Alwi menyatakan satu kamar hotel maksimal dihuni dua orang. Tim nakes menyebutkan peserta sempat mengalami sakit ringan, seperti flu dan diare sesaat setelah tiba di Kota Padang.

“Sejak sampai di Kota Padang ada juga beberapa kafilah yang mengalami sakit ringan, Kita pun mengambil langkah cepat dengan langsung melakukan pemeriksaan ke kamar para kafilah dan memberikan obat,” ungkap Ade Fakhriani, salah satu dokter yang mendampingi peserta, Senin (16/11/2020).

Peserta lomba MTQN XXVIII diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sepanjang hari.

Adapun, ajang perlombaan MTQN XXVIII resmi dibuka pada Sabtu, (14/11/2020). Sumatra Utara mengikuti 13 cabang lomba. Dari 13 cabang tersebut, Sumut optimistis mendulang emas pada tiga cabang perlombaan.

Di antaranya, hafalan 10 juz putra, hafalan 20 juz putra, dan tilawah remaja putra-putri. “As’ad Saifullah saat ini menjadi peserta hafalan Alquran 10 juz putra MTQN XXVII mewakili Sumut dan Rizki Maulana menjadi peserta hafalan Alquran 20 juz putra,” kata Ketua II LPTQ Sumut Palit Muda Harahap, Minggu (15/11/2020).

Kedua peserta tersebut pernah menjadi juara internasional Asia Pasifik tahun 2019. Sementara itu peserta tilawah remaja putra-putri dari Sumut adalah Ahmad Khairi Novandra dan Sri Wahyuningsih. Mereka pernah menjadi juara Indonesia Mengaji di salah satu stasiun televisi nasional dan pernah mewakili Indonesia ke MTQ Internasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar sumut
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top