Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laboratorium PCR di Lhokseumawe Beroperasi, Miliki 17.000 Spesimen Tes Swab

Dari total 42 pemeriksaan yang sudah dilakukan, terdapat empat orang positif terpapar Covid-19.
Ilustrasi./Bisnis-Hendri T Asworo
Ilustrasi./Bisnis-Hendri T Asworo

Bisnis.com, LHOKSEUMAWE - Rumah Sakit Kesehatan Korem (RS Kesrem) mulai mengoperasikan laboratorium Biomolekuler pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Covid-19 sejak Jum'at (6/11) lalu.

"Alhamdulillah, Laboratorium PCR untuk Covid-19 sudah mulai diaktifkan sejak beberapa hari lalu, ada 17 ribu spesimen tes swab yang yang tersedia di RS Kesrem Lhokseumawe," kata Kepala Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kakesdam IM) Kolonel Ckm dr Ismi Purnawan SpJP(K) MARS disela-sela kunjungan ke Laboratorium PCR di RS Kesrem Lhokseumawe, Rabu (11/11/2020).

Dikatakannya, sejak dimulainya pengoperasian laboratorium PCR, sudah dilakukan pemeriksaan swab sebanyak 42 pemeriksaan untuk petugas kesehatan dan masyarakat umum.

"Dari total 42 pemeriksaan yang sudah dilakukan, terdapat empat orang positif terpapar Covid-19,"katanya.

Dikatakannya, sesuai kebijakan Mabes TNI, sebanyak 68 Rumah Sakit TNI-AD mendapat prioritas memiliki lap PCR. Dua di antaranya di Aceh, yakni Rumah Sakit Kesdam IM Banda Aceh dan RS Kesrem Lhokseumawe.

"Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga membantu kontainer berisi Lab PCR untuk Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe. Sehingga sampel swab warga setempat tidak perlu lagi dikirim ke Banda Aceh karena adanya bantuan dua alat PCR Covid-19,"katanya.

Selama ini, kata dr Ismi, untuk proses pemeriksaan dibutuhkan waktu lama dan itu tidak menguntungkan dalam rangka mempercepat proses memutus mata rantai Covid-19, maka dengan dioperasikannya alat PCR di RS Kesrem Lhokseumawe dapat mempermudah mendeteksi orang yang terpapar virus tersebut.

"Laboratorium PCR di RS Kesrem Lhokseumawe dapat mempermudah mendeteksi orang yang terpapar Covid-19 sehingga kerja tim gugus tugas dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 juga dapat lebih mudah,"kata dr Ismi.

Ia mengharapkan dengan adanya Lab PCR di Lhokseumawe ini bisa menurunkan angka kasus positif Covid-19. Sehingga jumlah pasien yang dirawat pun akan menurun dan angka kematian akan menurun. Itulah harapan pemerintah pusat kepada kita.

Ia menyebutkan untuk mengoperasikan Lab PCR di RS Kesrem Lhokseumawe, pihaknya juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah, karena tidak mungkin TNI bisa bekerja sendiri. Kemudian juga mengajak semua pihak terkait untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

“Ini merupakan tugas kita bersama untuk memberikan sosialisasi dan edukasi dalam upaya menyadarkan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tentunya ini harus kita mulai dari diri sendiri, kemudian kepada orang lain,”kata Kolonel CKM dr Ismi Purnawan SpJP(K) MARS.

Acara itu turut dihadiri Sekdako Lhokseumawe T. Adnan, Dandenkesyah IM 04.01, Letkol. Ckm. Wawan Supandi, SKM S.Kep MKes, Kepala Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe Mayor Ckm dr Arif Puguh Santoso SpPD mkes dan Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper