Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belasan Tempat Usaha di Sumut Patuhi Protokol Kesehatan

Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang) kembali melakukan razia protokol kesehatan (prokes) pada Jumat (30/10/020).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MEDAN - Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang) kembali melakukan razia protokol kesehatan (prokes) pada Jumat (30/10/020). Sebanyak 14 titik rumah makan dan hiburan malam di wilayah tersebut tercatat telah menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang Azhar Muliyadi, Jumat (30/10/2020) malam. Menurutnya memang tim Satgas memfokuskan patroli kesehatan di area kafe atau rumah makan.

Beberapa tempat usaha memilih tutup demi menghindari kerumunan.

"Kami melakukan patroli siang dan malam. Ada beberapa tempat kami datangi (siang), ternyata mereka tutup. Mengingat perkembangan (penegakan disiplin protokol kesehatan), kita melihat warga mulai memahami pentingnya protokol kesehatan. Beberapa memilih tutup agar tidak timbul pelanggaran,” kata Azhar dikutip Minggu (1/11/2020).

Azhar menyampaikan masalah paling sering dialami pelaku usaha rumah makan adalah pengunjung jang datang secara rombongan. Biasanya terdiri atas satu keluarga besar, sehingga sulit untuk menerapkan jaga jarak.

Pengunjung tersebut memilih duduk di satu meja yang sama karena mereka yakin tidak akan saling menularkan droplet karena sedang bersama orang terdekat.

Begitu juga pelaku usaha tidak berhak melarang adanya penumpukan orang tanpa menjaga jarak aman, meskipun kondisi itu menguntungkan dari segi omzet.

“Mayoritas semuanya sudah memenuhi persyaratan protokol kesehatan, sehingga kepada para pelaku usaha ini perlu dipertahankan. Bagi yang belum kami datangi, semoga mengikuti petunjuk yang ada,” pungkas azhar.

Hingga Sabtu 31/10/2020 total pasien positif Covid-19 di Sumut berjumlah 13.107 orang. Terdapat penambahan pasien positif sebanyak 93 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Pasien yang sembuh bertambah 83 orang sehingga total kesembuhan berjumlah 10.706 orang. Sementara itu tidak ada kasus meninggal sejak tanggal 27 Oktober lalu. Total pasien yang meninggal di Sumut berjumlah 534 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper