Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PTBA Kucurkan Dana Rp6,5 Miliar untuk Siswa di Area Operasional

Apollonius Andwie C, Corporate Secretary, PT Bukit Asam Tbk, mengatakan beasiswa itu disalurkan lewat program Bidiksiba yang sudah digagas sejak 2010 lalu. Semula program itu disebut sebagai BUD.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 18 September 2020  |  21:08 WIB
Angkutan batu bara berbasis rel di Sumatra Selatan. - ptba.co.id
Angkutan batu bara berbasis rel di Sumatra Selatan. - ptba.co.id

Bisnis.com, PALEMBANG - PT Bukit Asam Tbk menyalurkan dana beasiswa senilai Rp6,5 miliar kepada para siswa yang berada di sekitar wilayah tambang perseroan.

Apollonius Andwie C, Corporate Secretary, PT Bukit Asam Tbk, mengatakan beasiswa itu disalurkan lewat program Bidiksiba yang sudah digagas sejak 2010 lalu. Semula program itu disebut sebagai BUD.

"Dana beasiswa diberikan kepada siswa kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke politeknik yang ditunjuk Bukit Asam yakni Politeknik Sriwijaya dan Politeknik Negeri Malang," katanya dalam keterangan pers, Jumat (18/9/2020).

Apollonius mengatakan pada tahun ini program Bidiksiba diperoleh 24 calon mahasiswa Politeknik Sriwijaya dan 25 calon mahasiswa Politeknik Negeri Malang.

Menurut dia, sebanyak 49 mahasiswa yang mendapat beasiswa tersebut berasal dari wilayah Unit Pertambangan Tanjung Enim, Unit Dermaga Kertapati (Sumatra Selatan), Unit Pelabuhan Tarahan (Lampung), Unit Pertambangan Ombilin (Sumatra Barat) dan Pranap (Riau).

Dia memaparkan para calon mahasiswa tersebut mendapatkan beasiswa dengan mengikuti proses seleksi yang ketat, mulai dari seleksi administrasi, psikotest, tes akademik, dan wawancara yang semuanya dilakukan secara daring. Kemudian berlanjut lagi ke tes kesehatan, penandatanganan perjanjian kerjasama, serta penyerahan seragam BIDIKSIBA dan alat penunjang perkuliahan berupa laptop.

"Proses seleksi ini berjalan sejak bulan April hingga September 2020 di masing-masing unit kerja," kata dia.

Selain biaya pendidikan, PTBA juga memberikan bantuan biaya hidup, uang sewa tempat tinggal, serta uang operasional setiap bulannya. Apollonius mengklaim sejak program Bidiksiba berjalan, para penerima beasiswa tercatat mengukir prestasi membanggakan.

"Para penerima beasiswa juga ditanamkan nilai-nilai budi pekerti untuk mengharumkan nama kampung halaman dan seluruh pihak yang mendukung kemajuan pendidikan mereka," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

csr pendidikan bukit asam
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top