Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertumbuhan Pendaftaran Domain ID Naik Drastis di Masa Pandemi

Per 31 Juli, pendaftaran domain ID meningkat 57 persen dibanding dengan periode sebelumnya
Eko Permadi
Eko Permadi - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  21:14 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, PEKANBARU — Pendaftaran domain lokal (dot) ID untuk nama situsweb meningkat drastis di masa pandemi Covid-19. Sektor pendidikan dan bisnis menjadi penyumbang terbesar yang mendaftar ke Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI).

Public and Government Relation PANDI Bernhart Farras mengatakan target untuk 2020 sebanyak 472.569 nama domain, tetapi per 11 Agustus sudah mencapai 89 persen.

PANDI atau mitra registrar lainnya menyediakan layanan domain lokal Indonesia yaitu id, co.id, my.id, mil.id, biz.id, net.id, or.id, web.id, desa.id, ponpes.id, sch.id, ac.id, go.id.

“Per 31 Juli, pendaftaran domain ID meningkat 57 persen dibanding dengan periode sebelumnya,” kata Benrhart kepada Bisnis melalui sambungan WhatsApp, Rabu (12/8/2020).

Benrhart menjelaskan kenaikan drastis pendaftaran khusus nama domain ID dibanding co.id lantaran memiliki huruf lebih singkat dengan hanya 2 huruf saja dan proses pendaftarannya lebih mudah. Kemudian, peningkatan ini juga didorong pertumbuhan pesat akun media sosial yang menggunakan huruf ID pada nama pengguna (username).

“Pengguna terdorong untuk mendaftar dengan domain ID sebelum domain digunakan pihak lain,” jelasnya.

PANDI belum bisa bekerjasama dengan registrar luar negeri (penyedia layanan pendaftaran) dalam memasarkan domain lokal Indonesia. Sebab, terbentur aturan mestinya registrar luar negeri tersebut berbadan hukum di Indonesia.

Solusinya, registrar luar negeri bekerjasama dengan perusahaan di Indonesia atau membuat badan hukum di Indonesia dalam memasarkan domain ID.(K42)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top