Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Karhutla, Banyuasin Bangun 11 Embung

Perusahaan perkebunan maupun hutan tanaman industri di daerah itu untuk dapat menjaga lahannya agar tidak kembali terbakar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  15:55 WIB
Ilustrasi: Penanganan karhutla di Kabupaten OKI, Sumsel. istimewa
Ilustrasi: Penanganan karhutla di Kabupaten OKI, Sumsel. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG — Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, membangun 11 embung untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau tahun ini.

Bupati Banyuasin Askolani mengatakan bahwa kesebelas embung itu berada di Kecamatan Rambutan, Banyuasin I, Talang Kelapa, Tanjung Lago, Air Kumbang, Muara Padang, Muara Sugihan, Air Saleh, Makartijaya, Pulau Rimau, dan Tungkal Ilir.

"Sarana dan prasarana terus kami siapkan, mulai dari personel hingga pembuatan embung," katanya, Selasa (7/7/2020).

Dari 11 kecamatan itu, terdapat terdapat lima kecamatan yang lebih diperhatikan karena pada tahun lalu terdapat 6.813 titik api di kawasan itu. Lima kecamatan itu yakni Cengal, Tulung Selapan, Pangpangan, Pedamaran, dan Mesuji.

Sementara itu, Wakil Bupati Ogan Komering Ilir Djafar Shodiq mengatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi pada tahun lalu sebagian berasal dari konsesi perusahaan.

Oleh karena itu, pihaknya menegaskan bahwa perusahaan perkebunan maupun hutan tanaman industri di daerah itu untuk dapat menjaga lahannya agar tidak kembali terbakar.

"Kalau sampai terbakar tahun ini akan kami tindak tegas, sesuai dengan proses. Bahkan, kalau pelanggaran sudah luar biasa otomatis perlu dicabut [izin] itu," katanya.

Sementara untuk masyarakat, katanya, pemkab melakukan pendekatan yang humanis, dengan dirinya pun terjun langsung ke lapangan untuk memberi edukasi agar warga tidak menggunakan teknik bakar dalam membuka lahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Karhutla

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top