Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Palembang Kucurkan Bantuan Modal untuk 4.000 UMKM

Pemerintah Kota Palembang menyiapkan alokasi bantuan permodalan untuk 4.000 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi di kota tersebut.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  19:13 WIB
Ilustrasi umkm
Ilustrasi umkm

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Kota Palembang menyiapkan alokasi bantuan permodalan untuk 4.000 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi di kota tersebut.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan bantuan yang diberikan nilainya beragam mulai dari Rp3 juta dengan tenor selama 1 tahun.

“Ada pedagang warung yang cerita sejak Covid-19, usahanya sepi lebih sering tutup. Oleh karena itu, kami coba salurkan bantuan modal tanpa bunga dan agunan bagi UMKM,” katanya, Selasa (16/6/2020).

Fitri mengatakan pemkot berharap suntikan modal itu dapat membuat pelaku usaha yang terdampak pandemi kembali bergairah. 

Pemkot mengajak Dinas Koperasi dan UMKM serta BPR Palembang untuk menyalurkan program tersebut. Pihaknya juga memastikan bantuan disalurkan untuk pelaku UMKM yang memang terkena dampak Covid-19.

“Kalau baru mau buka usaha kita belum bisa, untuk sementara bantuan ini kita peruntukkan bagi yang sudah punya usaha tapi terdampak karena pandemi. Saya sudah minta dinas terkait mulai melakukan pendataan UMKM,” katanya.

Pengajuan bantuan modal UMKM, kata Fitrianti, melalui pihak kecamatan dan kelurahan masing-masing, yang kemudian akan dilakukan survei dari pihak BPR Palembang.

“Nanti BPR akan menganalisanya, apakah laik diberikan pinjaman serta dikategorikan mampu untuk proses pengembalian pinjamannya,” katanya. 

Adapun syarat untuk mendapatkan bantuan modal ini tergolong mudah, mulai dari identitas diri dan memiliki usaha yang sudah berjalan minimal satu tahun. Dengan maksimal usia debitur yakni sebelum 60 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palembang umkm
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top