Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rumah Sakit Milik Pelindo I Operasikan Laboratorium PCR Covid-19

Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan (RS PHC Medan) dapat memberikan layanan pemeriksaan swab PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk Covid-19 mulai 11 Juni 2020.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 11 Juni 2020  |  16:30 WIB
 Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Kijang yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Selasa (11/4). - JIBI/Dwi Prasetya
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Kijang yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Selasa (11/4). - JIBI/Dwi Prasetya
Bisnis.com, MEDAN - Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan (RS PHC Medan) dapat memberikan layanan pemeriksaan swab PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk Covid-19 mulai 11 Juni 2020. 
 
RS PHC Medan dikelola oleh PT Prima Husada Cipta Medan, anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1. Ini sekaligus menjadi rumah sakit BUMN pertama di Sumatra Utara yang dapat melakukan pemeriksaan Covid-19 menggunakan metode swab PCR. 
 
Direktur Utama PT Prima Husada Cipta Medan Rudi Susanto mengatakan laboratorium pemeriksaan swab PCR di RS PHC Medan memiliki kapasitas 380 sampel. Pada tahap awal, RS PHC Medan dapat memeriksa 50 sampel per hari karena alat ekstraksi yang dimiliki masih manual. 
 
Meski begitu, secara bertahap pihaknya akan meningkatkan kapasitas pemeriksaan menjadi 180 sampel per hari. Hal tersebut menunggu alat ekstraksi automatic yang saat ini dalam perencanaan pembelian, tiba di RS PHC Medan. 
 
"Saat ini RS PHC Medan melakukan optimalisasi alat PCR tersebut dengan beberapa sampel dari internal, serta bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran USU bagian Mikrobiologi," terangnya dalam keterangan resmi pada Kamis (11/6/2020). 
 
Kehadiran laboratorium PCR di RS PHC Medan semakin menambah jumlah laboratorium biomolekuler PCR di Sumatra Utara. Sebelumnya, sejumlah laboratorium PCR telah lebih dulu beroperasi seperti di RS Adam Malik, RS USU, RS Murni Teguh, dan Fakultas Kedokteran USU.
 
"Kehadiran laboratorium biomolekuler PCR ini merupakan bentuk dukungan Kementerian BUMN melalui Pelindo 1, yang diharapkan dapat mempercepat penanganan Covid-19 khususnya dalam hal pemeriksaan swab PCR di Sumatra Utara," harapnya. 
 
Pasien mandiri yang ingin melakukan pemeriksaan swab PCR atau rumah sakit yang ingin mengirimkan sampel hasil swab, bisa berkunjung ke RS PHC Medan di Jl. Stasiun No.92 Belawan. Atau dapat mendatangi Klinik Pratama Krakatau di Jl. Gunung Krakatau No. 112 Medan, pada Senin-Sabtu pukul 08.00-20.00 WIB. 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt pelindo i covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top