Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Salut! Pemprov Aceh Gratiskan Seluruh Biaya Tes Covid-19

Pemerintah Provinsi Aceh menggratiskan seluruh biaya pemeriksaan terkait dengan Covid-19, baik tes cepat (rapid test) maupun dengan metode real rime polymerase chain reaction (RT PCR) bagi penduduk Aceh untuk kebutuhan medis, kebutuhan administratif, maupun uji secara massal.
Petugas medis mengecek peralatan kesehatan saat berada di ruangan isolasi Rumah Sakit Zainal Umum Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Rabu (4/3/2020). Pemerintah Aceh menyediakan dua unit rumah sakit khusus , yakni Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh dan Rumah Sakit Cut Meutia, Lhokseumawe sebagai rujukan untuk penanganan pasien  terinfeksi virus Corona. ANTARA FOTO/Ampelsa
Petugas medis mengecek peralatan kesehatan saat berada di ruangan isolasi Rumah Sakit Zainal Umum Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Rabu (4/3/2020). Pemerintah Aceh menyediakan dua unit rumah sakit khusus , yakni Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh dan Rumah Sakit Cut Meutia, Lhokseumawe sebagai rujukan untuk penanganan pasien terinfeksi virus Corona. ANTARA FOTO/Ampelsa

Bisnis.com, BANDA ACEH – Pemerintah Provinsi Aceh menggratiskan seluruh biaya pemeriksaan terkait dengan Covid-19, baik tes cepat (rapid test) maupun dengan metode real rime polymerase chain reaction (RT PCR) bagi penduduk Aceh untuk kebutuhan medis, kebutuhan administratif, maupun uji secara massal.

Juru bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani mengatakan hal tersebut sesuai dengan arahan pelaksana tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, yang juga selaku ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Tanah Rencong.

“Bapak Plt Gubernur Aceh menegaskan, pemeriksaan rapid test dan pemeriksaan RT-PCR untuk Covid-19 di RSUD Zainoel Abidin gratis,” katanya, Minggu (31/5/2020).

Dia menjelaskan Dinas Kesehatan Aceh selaku ketua bidang penanganan kesehatan gugus tugas Covid-19 Aceh sedang mempersiapkan mekanisme pendaftaran dan prosedur pemeriksaan virus corona secara gratis.

Menurut dia, direncanakan pemeriksaan gratis tersebut dapat dilakukan di posko Covid-19 bidang kesehatan atau di rumah sakit rujukan yang ditunjuk.

“Kami akan umumkan kepada masyarakat mekanisme pendaftaran dan prosedur pemeriksaannya. Insya Allah, hari Selasa [2/6] besok,” katanya.

Untuk perkembangan Covid-19 di Aceh, kata dia, tercatat sebanyak 2.041 orang dalam pemantauan (ODP), sebanyak 53 orang diantaranya masih dalam pantauan petugas kesehatan, selebihnya telah selesai.

Pasien dalam pengawasan (PDP), tambah dia, sebanyak 106 kasus dengan rincian, sebanyak enam orang sedang dirawat, 99 orang telah dinyatakan sembuh, dan satu orang meninggal dunia.

Sementara itu, jumlah pasien yang positif Covid-19 sebanyak 20 orang, dengan perincian dua orang dalam perawatan di rumah sakit, 17 orang telah sembuh, dan satu orang orang meninggal dunia saat dalam status PDP.

“Jumlah penderita Covid-19 di Aceh memang tidak sebanyak daerah lain. Tapi kita tetap harus waspada dan mencegah penularannya supaya tidak terjadi penambahan kasus baru,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper