Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Delapan Pasien Covid-19 di Batam Sembuh

Secara kumulatif hingga 1 Mei 2020 terdapat 12 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Batam. Pasien yang dinyatakan sembuh akan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusumarjadi./Bisnis-Bobi Bani.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusumarjadi./Bisnis-Bobi Bani.

Bisnis, BATAM - Balai Teknologi Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam melansir sebanyak delapan pasien Covid-19 dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes swab

Hasil tes yang diperoleh pada Jumat (1 /5) itu membuat jumlah pasien sembuh di Batam secara kumulatif bertambah menjadi 12 pasien. Sebelumnya, empat pasien positif Covid-19 telah lebih dulu dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusumarjadi menguatkan pasien sembuh menjalani isolasi di beberapa rumah sakit di Batam, termasuk di Rumah Sakit Khusus Infeksi di Pulau Galang. 

Secara rinci, Didi menjabarkan, sebanyak tiga pasien yang menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batu Aji; 2 pasien di Rumah Sakit Khusus Infeksi Galang dan Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam; dan satu pasien di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK).

Didi mengimbuhkan, pasien yang dinyatakan sembuh akan menjalani karantina di kediaman mereka masing-masing selama 14 hari.

Saat ini kondisi mereka dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ke tempat tinggalnya guna melaksanakan isolasi mandiri.

“Berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan, maka pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Nomor. 09, 16, 18, 19, 21, 22 dan 24 serta 26 oleh Tim Medis yang menangani, mereka semua dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit,” kata Didi di Batam pada Jumat (1/5). 

Didi melanjutkan, dari total pasien positif Covid-19 ini, masih ada 13 pasien positif di Batam yang menjalani perawatan di beberapa rumah sakit.Sementara lima pasien sisanya meninggal dunia.

Adapun mereka yang masih menjalani isolasi ini akan terus dipantau dan mendapatkan penanganan optimal agar mengikuti jejak 12 pasien yang telah sembuh di Batam.

Sementara untuk perkembangan pencegahan Covid-19 , saat ini ada sebanyak 154 sampel swab 154. Samper berasal dari warga Batam yang sebagian besar berstatus sebagai kontak primer dari pasien Covid-19 di Batam. Mereka  sudah menjalani proses pemeriksaan di Balai Teknologi Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas 1 Batam. 

Kalau tidak ada aral melintang, hasil tes swab bisa diketahui dalam beberapa hari lagi. Untuk diketahui kemampuan BTKL-PP Kelas 1 Batam memproses sebanyak 48 sampel Swab dalam sehari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper