Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Corona, Kapal Penyeberangan Penumpang TAA-Bangka Dihentikan hingga 11 April

Pengelola Pelabuhan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, menghentikan sementara penyeberangan kapal penumpang rute Sumsel-Bangka selama 14 hari sejak diberlakukan pada Minggu (29/3/2020).
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  16:32 WIB
Dermaga Pelabuhan Tanjung Api-api di Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. - Antara/Feny Selly
Dermaga Pelabuhan Tanjung Api-api di Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. - Antara/Feny Selly

Bisnis.com, PALEMBANG – Pengelola Pelabuhan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, menghentikan sementara penyeberangan kapal penumpang rute Sumsel-Bangka selama 14 hari sejak diberlakukan pada Minggu (29/3/2020) hingga 11 April 2020.

Kepala Divisi Operasional Pelabuhan TAA, Tagar Gaus, mengatakan penyetopan sementara operasional itu sebagai upaya mengurangi penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Penyeberangan saat ini hanya diperuntukan bagi kendaraan pembawa logistik seperti alat kesehatan dan obat-obatan, sembako, bahan bakar, dan beberapa kebutuhan penting lainnya,” katanya, Senin (30/3/2020).

Tagar menambahkan Pelabuhan TAA juga membatasi jumlah lalu lintas kapal feri dari dan menuju Pelabuhan Muntok, Bangka. 

Di mana jika sebelumnya 7 kapal per hari, kini menjadi 5 kapal, dengan jam operasional pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Namun demikian,  kata Tagar, ada dispensasi kepada penumpang yang ingin menyeberang, namun hal itu dilakukan secara selektif. Seperti jika ada penumpang ingin menyeberang ke Bangka karena ada keluarga yang meninggal, atau urusan yang dinilai mendesak lainnya.

“Penumpang tersebut harus melalui prosedur memeriksaan kesehatan dari petugas di pelabuhan. Jika dinyatakan sehat, maka baru dipersilahkan menyeberang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pos Penyeberangan Pelabuhan TAA, Zulkarnain, menambahkan pemeriksaan kesehatan itu juga berlaku bagi sopir maupun kernet kendaraan pengangkut logistik yang menyeberang. 

Setiap tiba di Pelabuhan TAA mereka juga diperiksa kondisi kesehatannya di pos kesehatan yang telah tersedia.

“Jika petugas menemukan penumpang yang mengalami sakit dengan kriteria yang telah ditentukan maka akan langsung ditindaklanjuti sesuai dengan SOP dalam penanganan pasien Covid-19,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanjung api-api Virus Corona
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top