Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Musi Banyuasin Permudah Warga Cetak e-KTP Lewat Mesin ADM

Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba, Sumatra Selatan, tercatat menjadi daerah pertama di luar Pulau Jawa yang memiliki anjungan dukcapil mandiri untuk memudahkan warga mencetak dokumen penting, seperti KTP elektronik.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 26 Februari 2020  |  18:19 WIB
Warga dibantu petugas dari Disdukcapil melakukan pencetakan KTP El di mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (23/2/2020). -  ANTARA / Muhammad Iqbal
Warga dibantu petugas dari Disdukcapil melakukan pencetakan KTP El di mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (23/2/2020). - ANTARA / Muhammad Iqbal

Bisnis.com, PALEMBANG - Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba, Sumatra Selatan, tercatat menjadi daerah pertama di luar Pulau Jawa yang memiliki anjungan dukcapil mandiri atau ADM untuk memudahkan warga mencetak dokumen penting, seperti KTP elektronik.

Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Muba Asmarani mengatakan, mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM) itu merupakan inovasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menyerupai mesin ATM. 

“Nantinya masyarakat bisa mencetak e-KTP, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, kartu keluarga dan kartu identitas anak. Jadi bisa diperoleh dengan cepat,” katanya, Rabu (26/2/2020).

Untuk saat ini, kata dia, pemkab akan menaruh mesin ADM di Kecamatan Sungai Lilin dan Kecamatan Sanga Desa. “Di luar pulau Jawa baru Kabupaten Muba yang punya mesin ADM ini," kata Asmarani.

Dia menjelaskan, bagi warga Muba yang ingin menggunakan mesin ADM tersebut harus melakukan registrasi terlebih dulu di Dinas Dukcapil Kabupaten Muba. 

"Untuk prosedurnya, warga harus mendaftarkan diri ke Disdukcapil sesuai prosedur, lalu pemohon akan mendapatkan PIN yang dikirim ke nomor ponsel setelah mendaftar ke Kantor Disdukcapil setempat," paparnya.

Menurut Asmarani, kehadiran mesin ADM tersebut akan diresmikan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kabupaten Muba. 

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan keberadaan mesin ADM tersebut upaya konkret Pemkab Muba untuk terus memberi kemudahan pelayanan kepada warga,

Menurutnya, keberadaan mesin ADM tersebut dapat mempercepat pelayanan langsung kepada masyarakat. “Sebelumnya juga kita sudah meluncurkan program tanda tangan elektronik, ini akan terus bertransformasi demi kemudahan warga Muba,” katanya.

Dodi menambahkan, bertahap keberadaan mesin ADM ini akan diperuntukkan di setiap Kecamatan yang ada di Muba. 

"Untuk tahap ini, baru dua Kecamatan yang disiapkan, namun ke depan mesin ADM ini  disiapkan untuk setiap Kecamatan di Muba," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top