Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Warga Binaan di Rutan Kabanjahe Dipindahkan Usai Rusuh Kemarin

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Kombes Argo Yuwono menyebutkan mereka  akan dipindahkan ke berbagai rumah tahanan di Sumut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  11:28 WIB
Kericuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Rabu - ANTARA
Kericuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Rabu - ANTARA

Bisnis.com, PEKANBARU - Seluruh pengisi Rumah Tahanan Negara Kabanjahe dipindahkan ke sejumlah rutan setelah terjadi rusuh kemarin.

Pemindahan dilakukan terhadap warga binaan yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah) maupun belum inkrah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Kombes Argo Yuwono menyebutkan mereka  akan dipindahkan ke berbagai rumah tahanan di Sumut.

"Inkrah sebanyak 268 orang akan dipindahkan ke berbagai rutan di Sumatra Utara, kemudian ada 142 warga yang belum inkrah nanti dari hasil koordinasi akan dititipkan di rutan polres atau polsek di Sumut," kata Argo Yuwono kepada wartawan, di Pekanbaru, Riau, Kamis (13/2/2020).

Meski tidak menyebutkan jadwal pemindahan napi dan alasan terjadi pembakaran, Argo memastikan kondisi di Rutan Kabanjahe kondusif serta dijaga aparat TNI dan Polri.

“Itu semua bertujuan untuk mengamankan agar kejadian tidak terulang kembali dan situasi saat ini juga kondusif, dan TNI-Polri masih melakukan penjagaan,” ujarnya.

“Masih diselidiki, yang pasti tidak ada korban,” kata Argo.

Lebih lanjut Argo menyebutkan bahwa pemindahan tersebut dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang kembali dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa.

Warga binaan inkrah merupakan tahanan yang sudah diputus vonisnya dan hanya menunggu dilakukan pemindahan. Sedangkan sisanya merupakan warga binaan titipan yang sedang dalam proses penyidikan, penuntutan, maupun proses penindakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kerusuhan rutan

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top