Rencana Pembangunan Nasional Diminta Mengakomodir Pelabuhan Tajung Jabung Barat

Bupati Tajung Jabung Barat (Tanjabbar) H Safrial mendukung penuh percepatan pembangunan Pelabuhan Laut di wilayah tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Januari 2020  |  17:47 WIB
Rencana Pembangunan Nasional Diminta Mengakomodir Pelabuhan Tajung Jabung Barat
Ilustrasi pelabuhan. - Bisnis/Youtube

Bisnis.com, JAMBI - Bupati Tajung Jabung Barat (Tanjabbar) Provinsi Jambi H Safrial menyampaikan dukungan penuh pemerintah daerah yang dipimpinnya untuk percepatan pembangunan Pelabuhan Laut di wilayah tersebut.

"Kami berharap semoga pelabuhan yang lahannya telah siap di Tanjabbar bisa masuk di rencana induk Pembangunan Pelabuhan Nasional," kata Bupati Safrial melalui rilis Humas Pemkab Tanjabbar, Minggu (19/1/2020).

Hal itu disampaikan oleh Bupati Tanjabbar pada saat mengikuti rapat koordinasi dalam rangka percepatan pembangunan, pemanfaatan dan pengembangan pelabuhan laut di wilayah Jambi yang digelar Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan yang digelar Jumat (17/1/2020).

Bupati Safrial pada kesempatan itu mengusulkan kepada Dirjen Perhubungan Laut, anggota DPR-RI dan Pepmrov Jambi bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki Pelabuhan Kelagian. Pelabuhan tersebut melintasi jalur Sungai Pengabuan yang bisa bisa dilewati kapal 20 ribu ton, dan jarak ke ambak luar 61 mil.

Rakor yang di selenggarakan secara tertutup mendiskusikan terkait pembangunan fasilitas pelabuhan laut di Provinsi Jambi.

Pada rakor itu juga membicarakan soal perkembangan pembangunan pelabuhan laut, kendala-kendala dan hal yang dianggap penting dalam percepatan pembangunan.

Terdapat tiga kabupaten di Jambi yang mempunyai fasilitas pelabuhan yakni Tanjung Jabung Timur, Muarojambi dan Tanjung Jabung Barat yang merupakan tiga kabupaten bertetangga.

Sementara itu menurut Bupati Safrial, Pelabuhan Kuala Tungkal yang di kelola PT Pelindo sudah siap beroperasi, kendati masih terdapat kendala dari sisi alur.

Turut hadir pada rapat koordiasi itu Asisten II Setda Provinsi Jambi yang mewakili Gubernur Jambi, Anggota DPR-RI HA Bakri, Hasan Basri Agus, Sofyan Ali, Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus Purnomo, Bupati Tanjung Jabung Barat, Bupati Tanjung Jabung Timur, Bupati Muarojambi dan kepala OPD terkait.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelabuhan, jambi

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top