Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Tambah Infrastruktur dan Layanan di Batam

Bright PLN Batam sebagai pemasok utama tenaga listrik di wilayah Batam secara berkesinambungan tetap berusaha meningkatkan pelayanan dan berkomitmen menjadi penyedia tenaga listrik yang andal.
Penandatanganan Prasasti yang menandakan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tanjung Uncang dan peresmian Kantor Unit Retail Customer Area Pelayanan Tiban PT PLN Batam di Tancung Uncang pada Kamis, 16 Januari 2020 .
Penandatanganan Prasasti yang menandakan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tanjung Uncang dan peresmian Kantor Unit Retail Customer Area Pelayanan Tiban PT PLN Batam di Tancung Uncang pada Kamis, 16 Januari 2020 .

Bisnis.com, BATAM-Bright PLN Batam sebagai pemasok utama tenaga listrik di wilayah Batam secara berkesinambungan tetap berusaha meningkatkan pelayanan dan berkomitmen menjadi penyedia tenaga listrik yang andal.

Komitmen ini diwujudkan dalam peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tanjung Uncang dan peresmian Kantor Unit Retail Customer Area Pelayanan Tiban PT PLN Batam di Tancung Uncang pada Kamis, 16 Januari 2020 lalu.

Acara peresmian PLTGU dan Kantor Area Pelayanan ini dihadiri oleh segenap manajemen bright PLN Batam, dari Jajaran Komisaris, Jajaran Direksi, pejabat serta pegawai bright PLN Batam.

PLTGU Tanjung Uncang berkapasitas 120 MW terdiri dari dua mesin gas turbine serta satu mesin steam turbine dilengkapi sistem pendinginan mesin menggunakan menara pendingin dengan sirkulasi air laut pada kolam air yang berkapasitas 40.000 m3. Berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Dengan beroperasinya PLTGU Tanjung Uncang kapasitas penyediaan listrik wilayah Batam semakin meningkat.

Direktur Utama bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura mengatakan, pembangungan pembangkit PLTGU dimulai sejak 30 April 2013 silam. Namun akibat bebrapa kendala eksternal dan internal, pengeoperasian PLTGU Tanjung Uncang sedikit tertunda.

“Pada 15 November 2017 lalu PLTGU Tanjung Uncang berhasil melakukan pengoperasian secara komersial atau Commercial Operation Date (COD) Simple Cycle yang kemudian dilanjutkan dengan COD Combine Cycle pada 12 Desember 2019 untuk memperkuat sistem ketenagalistrikan Batam.

PLTGU Tanjung Uncang dapat menghasilkan daya sebesar 120 – 125 MW memiliki peranan yang sangat penting dalam memasok 22% kebutuhan listrik di wilayah Batam yang saat ini beban puncak Batam-Bintan mencapai 450 MW," kata Dadan dalam rilis yang diterima pada Jumat (17/1).

Dadan berharap, dengan beroperasinya PLTGU Tancung Uncang sistem kelistrikan di Batam semakin handal, cadangan daya semakin meningkat dan dapat menurunkan Biaya Pokok Produksi (BPP). Ke depan asset Bright PLN Batam ini akan dikelola dengan sistematis, terstruktur dan terukur sehingga dapat memenuhi target kinerja perusahaan dan pelayanan ke masyarakat menjadi lebih optimal.

Terkait persemian Kantor Unit Retail Customer Area Pelayanan Tiban, Dadan juga menjelaskan lokasi kantor yang sebelumnya beralamat di Komplek Tiban Lestari Blok A No.6 Tiban, Sekupang sekarang pindah ke Jalan R. E. Martadinata Sekupang.

“Secara kondisi, lokasi kantor tersebut kurang representative dalam menunjang operasional layanan mengingat lokasinya yang berada di dalam kawasan ruko yang cukup padat dan ramai. Hal ini menimbulkan potensi kantor pelayanan rawan dimasuki oleh pihak yang tidak berkepentingan, mengingat setiap orang bebas memasuki kawasan ruko,” tutur Dadan.

Peresmian PLTGU Tanjung Uncang 120 MW dan Kantor Unit Retail Customer Area Pelayanan Tiban merupakan bentuk wujud nyata dari percepatan program pemerintah Provinsi Kepri dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan. Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis dengan menekan tombol sirene oleh Direktur Utama Bright PLN Batam dan Komisaris Utama bright PLN Batam, sekaligus penandatanganan Prasasti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper