Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Alami Deflasi pada Desember 2019

Provinsi Riau mengalami deflasi sebesar 0,16% pada Desember 2019 dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 139,92.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU—Provinsi Riau mengalami deflasi sebesar 0,16% pada Desember 2019 dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 139,92. 

Sementara pada periode Januari--Desember 2019, Riau mengalami inflasi sebesar 2,36%.

Adapun, IHK merupakan salah satu indikator ekonomi yang sering digunakan untuk mengukur tingkat perubahan harga  barang dan jasa berupa inflasi/deflasi di tingkat konsumen di daerah perkotaan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau yang dirilis pada 2 Januari 2020, deflasi di Riau terjadi karena adanya penurunan IHK yang cukup signifikan pada kelompok bahan makanan (-0,91%), kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga (-0,09%), kelompok sandang (-0,05%), serta kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar (-0,002%).

Komoditas yang menyebabkan terjadinya deflasi tersebut a.l. cabai merah, ikan serai, cabai hijau, petai, buncis, ikan tongkol, cumi-cumi, daging sapi, cabai rawit, dan televisi berwarna.

Di sisi lain, terdapat 3 kelompok yang mengalami inflasi yaitu kelompok transport, komunikasi, dan jasa keuangan (0,24%), kelompok kesehatan (0,18%), serta kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau (0,11%).

Adapun komoditas yang membuat inflasi a.l. bawang merah, tomat sayur, telur ayam ras, tariff angkutan udara, minyak goreng, daging ayam ras, dan harga mobil.

“Dari 3 kota IHK di Provinsi Riau, dua kota mengalami deflasi yaitu Kota Pekanbaru sebesar -0,22% dan Kota Tembilahan sebesar -0,02%. Sedangkan Kota Dumai mengalami inflasi sebesar 0,07%,” tulis BPS seperti dikutip pada Selasa (7/1/2020).

Sementara itu, pada Desember 2019, BPS mencatat terjadi inflasi di Indonesia sebesar 0,34% dengan IHK sebesar 139,07.

Inflasi tertinggi terjadi di Batam sebesar 1,28% dan terendah terjadi di Watampone sebesar 0,01%.

Sedangkan deflasi tertinggi terjadi di Manado sebesar 1,88% dan deflasi terendah di  Bukittinggi dan Singkawang yang masing-masing sebesar 0,01%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper