Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Pasang Delapan Kamera Pemantau Harimau

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memasang delapan kamera dan box trap untuk memantau dan menanggulangi harimau Sumatera yang sudah meresahkan masyarakat di daerah itu.
Harimau Sumatra/WWF
Harimau Sumatra/WWF

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memasang delapan kamera dan box trap untuk memantau dan menanggulangi harimau Sumatera yang sudah meresahkan masyarakat di daerah itu.

Kamera dan box trap itu dipasang yang tersebar dibeberapa lokasi, kata Kepala Dinas Kehutan Sumsel Panji Tjajanto kepada Antara, Minggu.

Saat ini pemasangan box trap dan camera trap sudah hampir rampung dikerjakan yang diharapkan keberadaan harimau dapat diketahui.

"Ada 8 camera trap yang kita pasang dan 1 unit box trap di Semendo, besok hari Senin akan diadakan rapat koordinasi di Pemerintah Kabupaten Muara Enim, dalam upaya penanganan konflik harimau dan manusia ini di daerah tersebut," kata dia.

Menurut dia, hal itu dilakukan guna melihat pergerakan harimau yang sudah meresahkan dan mengancam keselamatan manusia sekarang ini.

"Itu sesuai intruksi pak Gubernur. Tim Satgas juga terus berkoordinasi dengan masyarakat. Saat ini, antisipasi dan penanganan dilakukan titik-titik yang menjadi prioritas," ujar dia.

Bahkan, lanjutnya, antisipasi tersebut akan melibatkan beberapa LSM yakni FHK, WCS, ZSL. Dimana beberapa LSM tersebut akan memberikan bantuan camera trap sebanyak 55 unit.

"Kita juga akan melibatkan beberapa pihak untuk penanggulangannya. Camera trap juga rencananya akan kita tambah yang merupakan bantuan LSM," tuturnya.

Menurut dia, masuknya harimau itu keperkebunan warga diduga lantaran habitat mereka terganggu. Namun, hal itu masih dalam penyelidikan.

"Namun, bisa jadi juga karena terganggunya rantai makanan, sehingga harimau tersebut keluar dari habitatnya. Kita juga mengimbau agar masyarakat terus menjaga kelestarian lingkungan. Dan jangan sekali-sekali mengganggu habitat hewan," ucapnya berharap.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Herman Deru telah memberikan perhatian khusus terhadap keresahan masyarakat di kota Pagaralam, Kabupaten Lahat dan Muara Enim yang mengalami gangguan dari binatang buas, salah satunya harimau.

Bahkan Pemprov Sumsel sudah membentuk Satgas khusus yang terdiri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Lahat Kementerian LHK, Dishut Prov Sumsel (UPTD KPH Semendo) , dan berkoordinasi dengan Camat Semende Darat Laut, Kades Muara Dua dan masyarakat untuk mengantisipasi serangan harimau tersebut.

Bukan itu saja, tetapi masalah tersebut sudah disampaikan kepada Menteri, kata gubernur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper