Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara SMB II Palembang Tingkatkan Keamanan Saat Nataru

Satgas Nataru terpadu dengan instansi lain juga termasuk personel keamanan.
Penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatra Selatan, Senin (4/3/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatra Selatan, Senin (4/3/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, PALEMBANG – Pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, PT Angkasa Pura II Cabang Palembang, menambah petugas pengamanan dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020.

General Manager Bandara SMB II Palembang, Fahroji, mengatakan pihaknya sudah membentuk satgas Nataru terpadu dengan instansi lain juga termasuk personel keamanan.

“Penambahan personel dan pembentukan satgas serta posko Nataru terpadu ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama Nataru,” katanya, Minggu (22/12/2019).

Fahroji mengungkapkan, terkait pengamanan jelang Nataru yang dilakukan seperti biasa, mulai dari random check untuk kendaraan yang masuk ke SMB II dan bagasi keberangkatan dan kedatangan.

"Kami juga berkolaborasi dengan Polri termasuk penggunaan anjing pelacak juga turut diterjunkan untuk pengamanan menyeluruh," ujarnya.

Fahroji mengatakan, otoritas bandara wilayah VI juga telah melakukan audit terkait keamanan, fasilitas bandara hingga kelayakan angkutan udara untuk memastikan kesiapan jelang lonjakan penumpang yang diprediksi pada H-3.

"Semua fasilitas telah diaudit dan kami sendiri juga melakukan optimalisasi dan RAM Check terkait peralatan di Apron sesuai dengan standar atau tidak. Hasilnya Alhamdulillah beroperasi dengan baik," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya juga telah menambah jumlah kapasitas kursi untuk mengkondisikan apabila ada penumpukan penumpang mengingat prediksi peningkatan penumpang berkisar 5 persen.

"Kita ketahui tol juga sudah beroperasi sehingga kita tak muluk-muluk prediksi sekitar 5 persen. Tapi bisa saja kemungkinan lebih besar atau kurang dari itu karena kita berkaca dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Jam operasional Bandara SMB II akan tetap seperti biasa mulai dari pukul 05.00 hingga 24.00 dini hari. Dengan kapasitas bandara mencapai 3,4 juta penumpang per tahun, kapasitas Apron 14 parkir standing yang digunakan.

Sementara itu, selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020, sebanyak 200 personel TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Sri Mulyono Herlambang diterjunkan untuk pengamanan disejumlah titik mulai dari Bandara SMB II Palembang dan tergabung dalam satgas pengamanan terpadu.

"Satgas sudah dibentuk dan berkoordinasi dengan GM Angkasa Pura II. Kita mengantisipasi agar tidak kecolongan barang-barang terlarang yang masuk dari sana," katanya.

Menurut dia, menerangkan sebanyak 200 personel yang dikerahkan akan dibagi-bagi ke sejumlah lokasi guna mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Sementara itu, Kepala Kantor AirNav cabang Palembang, Ari Subandiro mengatakan, berkaca dari tahun lalu untuk Nataru tahun ini lonjakannya hampir sama. Pihaknya pun komitmen siap untuk melayani.

"Posko pemantauan sudah kita buka. Didalamnya ada TNI, Polri dll mulai 19 Desember hingga 6 Januari," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper