Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sumut Tingkatkan Gaji Guru Menjadi Rp90.000/Jam

Pemprov Sumut telah menaikkan gaji honorer dari Rp40.000/jam menjadi Rp90.000/jam.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 25 November 2019  |  19:05 WIB
Sejumlah siswa menyalami guru mereka seusai mengikuti upacara di Sekolah Dasar Negeri 060813 Medan, Sumatera Utara, Senin (25/11/2019). Menyalami guru oleh para siswa tersebut dalam rangka memperingati Hari Guru yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. - Antara/Septianda Perdana
Sejumlah siswa menyalami guru mereka seusai mengikuti upacara di Sekolah Dasar Negeri 060813 Medan, Sumatera Utara, Senin (25/11/2019). Menyalami guru oleh para siswa tersebut dalam rangka memperingati Hari Guru yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. - Antara/Septianda Perdana

Bisnis.com, MEDAN – Memperingati Hari Guru Nasional, Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menaikan kesejahteraan guru.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan hal tersebut dilakukan lantaran guru merupakan pilar suatu bangsa, yang membentuk karakter bangsa.Untuk meningkatkan kesejahteraan guru, katanya, saat ini Pemprov Sumut telah menaikkan gaji honorer dari Rp40.000/jam menjadi Rp90.000/jam.

“Kesejahteraan guru itu penting. Sekarang kita sudah menaikkan gaji honorer dari Rp40.000 menjadi Rp90.000. Jangan lihat kenaikan Rp50.000, ini terkait kesanggupan keuangan kita. Kenaikan Rp50.000 itu satu tahunnya kami butuh Rp250 miliar untuk membayar gaji-gaji honorer,” kata Edy, Senin (25/11/2019).

Edy mengatakan seiring dengan semakin baiknya keuangan Pemprov Sumut maka akan semakin baik pula kesejahteraan guru. “Kita akan terus evaluasi ini, sekarang kemampuan kita masih Rp50.000, tetapi ketika keuangan kita semakin baik maka kesejahteraan guru juga akan membaik,” tegas Edy Rahmayadi.

Sebelumnya , Edi bersama sekitar 200 orang guru dari berbagai sekolah yang hadir pada acara ziarah dan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan. Bersama Edy Rahmyadi, para guru ziarah dan menabur bunga ke beberapa makam pahlawan. Makam yang tidak dilewatkan Edy Rahmayadi adalah makam ayahnya, Rachman Ishaq.

“Pahlawan-pahlawan inilah soko guru kita, jadi wajarlah kalau kita menghargai perjuangan mereka di hari guru. Sekarang giliran kita mengisi kemerdekaan ini, dan guru punya peran yang besar untuk mengisi kemerdekaan itu, mendidik anak-anak kita, membentuk karakter bangsa,” jelas Edy.

Pada acara ini hampir seluruh Pimpinan OPD Pemprov Sumut hadir untuk memperingati hari guru seperti Kepala Dinas Pendidikan Arsyad Lubis, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Hidayati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Aspan Sofian.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Pemprov Sumut Arsyad Lubis mengatakan kehadiran hampir seluruh OPD lingkungan Pemprov Sumut pada acara ini sebagai bentuk penghargaan kepada para guru. “Hampir semua OPD di lingkungan Pemprov Sumut hadir pada acara ini, ini salah satu bentuk penghargaan kita kepada guru-guru yang ada di Sumatera Utara. Tanpa guru kita tidak akan berdiri di sini sekarang,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top