Riau Siapkan 15 Posko Evakuasi Asap Bagi Masyarakat

Pemprov Riau sudah menyiapkan 15 posko evakuasi dan rumah singgah bagi korban bencana kabut asap di Kota Pekanbaru.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 23 September 2019  |  17:10 WIB
Riau Siapkan 15 Posko Evakuasi Asap Bagi Masyarakat
Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan semakin berdampak buruk pada kualitas udara dan jarak pandang di Pekanbaru, Provinsi Riau. Pada Selasa (10/9/2019) pagi, sejumlah bangunan seperti Stadion Utama Pekanbaru di Jalan Naga Sakti Kecamatan Tampan, dan juga flyover di Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Soebrantas, seolah 'hilang' akibat ditelan kabut asap. JIBI/Bisnis - Arif Gunawan
Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau sudah menyiapkan 15 posko evakuasi dan rumah singgah bagi korban bencana kabut asap di Kota Pekanbaru.
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menjelaskan rumah singgah dan posko evakuasi tersebut sudah dioperasikan di 15 lokasi.
 
"Di rumah singgah dan posko evakuasi sudah ada yang menginap, misalnya di RSJ Tampan, ada juga yang hanya singgah beristirahat," ujarnya Senin (23/9/2019).
 
Menurutnya pemda sudah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung bagi masyarakat korban kabut asap yang ingin mendapatkan udara segar.
 
Beberapa di antaranya yaitu dokter jaga, perawat, tabung oksigen, serta ruang istirahat yang nyaman dilengkapi pendingin udara.
 
Untuk waktu operasionalnya, ditetapkan terbuka 24 jam, namun dokter jaga hanya bertugas sampai pukul 21:00 WIB. Meski demikian bila dibutuhkan, masyarakat dapat menghubungi nomor Diskes Siaga atau layanan publik di 119.
 
Adapun saat ini kualitas udara di Pekanbaru dan sekitarnya menurut data aplikasi Air Visual berada di angka 769 dengan status berbahaya. Sedangkan jarak pandang berada di angka 600 meter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, kebakaran hutan, Karhutla

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top