IdulAdha : Pertamina Sumbagsel Siapkan Tim Satgas Jaga Ketahanan Energi

Pertamina membentuk tim satuan tugas atau satgas untuk menjaga distribusi dan keamanan stok energi selama momen IdulAdha 2019 di Sumatra Bagian Selatan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 09 Agustus 2019  |  13:45 WIB
IdulAdha : Pertamina Sumbagsel Siapkan Tim Satgas Jaga Ketahanan Energi
Ilustrasi - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pertamina (Persero) membentuk tim satuan tugas atau satgas untuk menjaga distribusi dan keamanan stok energi selama momen IdulAdha 2019 di Sumatra Bagian Selatan.
 
Region Manager Communication & CSR Sumbagsel PT Pertamina (Persero), Rifky Rakhman Yusuf, mengatakan tim satgas tersebut mulai bekerja pada Jumat (9/8) hingga Selasa (13/8).
 
“Kami siap menjaga ketahanan energi selama IdulAdha di Sumbagsel mulai dari fungsi aviasi (avtur), domestik gas (LPG), BBM dan suplai serta penyaluran energi lainnya,” katanya, Jumat (9/8/2019).
 
Rifky mengatakan terdapat peningkatan kebutuhan energi selama masa Satgas Idul Adha tahun ini. Untuk BBM, diperkirakan ada peningkatan sekitar 2% untuk jenis gasoline (Turbo, Pertamax, Pertalite) atau sekitar 113 Kilo Liter (KL).
 
Sementara untuk jenis gasoil (Dex, Dexlite) kemungkinan akan turun 6% atau sekitar 315 KL dibandingkan konsumsi rata-rata hariannya.
 
“Untuk mengantisipasi kenaikan gasoline kami akan siapkan tambahan dan optimalisasi saluran distribusi mulai dari yang masuk ke Terminal BBM sampai sarana distribusi ke SPBU,” katanya.
 
Rifky menambahkan untuk gasoil meski turun tetap disiagakan stoknya. SPBU di jalur utama Lintas Sumatra dan Tol Trans Sumatra stok BBM-nya akan disesuaikan untuk memastikan kebutuhan masyarakat.
 
Dia melanjutkan kebutuhan penting lainnya adalah LPG, kebutuhan dapur selama Satgas Idul Adha menurut Rifky juga diproyeksikan mengalami peningkatan.
 
Untuk LPG PSO Subsidi 3 Kg diperkirakan akan meningkat sekitar 5,1% dan LPG NPSO meningkat 8% dibandingkan konsumsi normal harian.
 
“Ini sudah pasti meningkat, karena kebutuhan memasak sebelum Hari Raya IdulAdha pun sudah meningkat. Secara total PSO dan NPSO, kenaikannya sekitar 5,4%.
 
Perseroan berkomitmen untuk menyiagakan seluruh Depot LPG, Agen, dan Pangkalan LPG agar tetap beroperasi dan melayani masyarakat.
 
Selain memastikan seluruh kebutuhan terpenuhi, Rifky juga menyampaikan persiapan lainnya agar Satgas Idul Adha berjalan dengan lancar.
 
“Setelah Shalat Idul Adha, operasional Pertamina berjalan seperti biasanya. Optimasi sarana distribusi juga akan selalu kami pantau melalui Tim Satgas, jadi masyarakat tidak perlu khawatir, dan jika butuh informasi atau bantuan Pertamina di silahkan menghubungi Call Center 135,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pertamina, iduladha, sumbagsel

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top