Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABUT ASAP: Diskes Riau Bagi-bagi Masker Gratis

Dinas Kesehatan Provinsi Riau mulai membagikan masker gratis kepada masyarakat untuk mengurangi risiko kesehatan akibat kabut asap yang timbul dari kebakaran hutan dan lahan setempat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara
Bisnis.com, PEKANBARU -- Dinas Kesehatan Provinsi Riau mulai membagikan masker gratis kepada masyarakat untuk mengurangi risiko kesehatan akibat kabut asap yang timbul dari kebakaran hutan dan lahan setempat.
 
Kabid Yankes Diskes Riau Yohanes mengatakan pembagian masker ini dilakukan di sejumlah jalan utama di Pekanbaru, dan menyasar segmen pelajar.
 
"Kami juga imbau masyarakat untuk dapat memantau kualitas udara serta melaporkan kejadian penyakit akibat karhutla," katanya Selasa (30/7/2019).
 
Pembagian masker ini menurut dia, sudah diinstruksikan ke seluruh diskes kabupaten dan kota serta menyasar kelompok masyarakat rentan.
 
Kelompok yang dimaksud yaitu ibu hamil, lansia, pelajar, anak-anak. Serta masyarakat yang beraktivitas di luar rumah.
 
Karena itu bila kondisi indeks standar pencemaran udara atau ISPU berada di angka 100-200, kelompok ini diminta untuk tetap berada di rumah atau di dalam ruangan. Selain itu pihaknya juga menyarankan sejumlah langkah untuk menjaga kesehatan selama kabut asap.
 
"Misal menutup sumur dan tempat penyimpanan air agar tidak tercemar partikel debu, serta rutin mengkonsumsi buah dan sayuran," katanya.
 
Adapun menurut data BPBD Riau, total luas lahan terbakar sepanjang Januari-29 Juli 2019 sudah mencapai 3.818,79 hektare. Rinciannya yaitu Kabupaten Bengkalis 1.467,28 hektare. Rohil 800,25 hektare, Siak 469,1 hektare, Dumai 280,28 hektare, Meranti 232,7 hektare, Inhil 194,6 hektare, Kampar 82,9 hektare, Inhu 76 hektare, Pekanbaru 75,21 hektare, Kuansing 5 hektare dan Rohul 2 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper