Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabupaten OKI Mantapkan Lokasi Jembatan Penghubung Sumsel-Babel

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI, Sumatra Selatan, memastikan lokasi pembangunan jembatan penghubung Sumatra Selatan–Bangka Belitung yang bakal dibangun tahun depan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 21 Juli 2019  |  15:22 WIB
Kabupaten OKI Mantapkan Lokasi Jembatan Penghubung Sumsel-Babel
Ilustrasi - ANTARA/Arief BM
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI, Sumatra Selatan, memastikan lokasi pembangunan jembatan penghubung Sumatra Selatan–Bangka Belitung yang bakal dibangun tahun depan.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten OKI, Hafidz, mengatakan lokasi jembatan diperkirakan berada di Tanjung Tapa, Kecamatan Air Sugihan dari semula di LKecamatan Tulung Selapan.
 
”Kalau lihat kajian awal Tanjung Tapa lebih potensial karena jarak tempuh lebih pendek,” ungkap Hafidz, Jumat (19/7/2019).  
 
Menurut dia, tim Dinas PUPR OKI dan Bangka Belitung sedang melakukan prakajian jembatan penghubung yang didukung pembiayaannya dari APBN tersebut.
 
Dari kajian it, disiapkan tiga alternatif pasangan lokasi yang mungkin dikembangkan  baik dari sisi pulau Bangka maupun sisi pulau Sumatra.
 
Pertama, lokasi di Tanjung Punai, yang berada di antara Kecamatan Muntok dan Desa Kundi ke Juru Taro, Kabupaten Banyuasin, di sisi pulau Sumatra, dengan panjang rencana jembatan sekitar 22,6 kilometer.
 
Titik lokasi kedua adalah Tanjung Pura, Bangka Tengah, untuk sisi Sumatra adalah di Sungai Batang dengan rencana panjang jembatan 23,1 km.
 
Lokasi ketiga, di Desa Sebagin Bangka Selatan sementara di sisi pulau Sumatra berhubungan dengan Tanjung Tapa, Kecamatan Air Sugihan, OKI, dengan panjang jembatan yang lebih pendek yakni 15,2 km.
 
Sementara itu, Plt Kepala Dinas PU BM dan Tata Ruang Sumsel, Darma Budhy, mengatakan pihaknya siap jika memang proyek senilai Rp15 triliun tersebut direalisasikan.
 
“Kami siap. Jadi kami sudah membentuk tim kolaborasi antara Sumsel dan Bangka. Tim itu diketuai Kepala Bappeda masing-masing provinsi, unsur TNI, PU dan lain-lain. Langkah awal tim gabungan untuk mempersiapkan FS itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel jembatan babel
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top