Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musi Banyuasin Minta SKK Migas Tanggap Darurat Semburan Lumpur Kaliberau

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, meminta Satuan Kerja Khusus atau SKK Migas melakukan upaya tanggap darurat terkait semburan lumpur yang mengandung gas dan minyak di Desa Kaliberau, Kecamatan Bayung Lencir.
Tim meninjau semburan lumpur di Desa Kaliberau, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin/Istimewa
Tim meninjau semburan lumpur di Desa Kaliberau, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin/Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, meminta Satuan Kerja Khusus atau SKK Migas melakukan upaya tanggap darurat terkait semburan lumpur yang mengandung gas dan minyak di Desa Kaliberau, Kecamatan Bayung Lencir.
 
Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak SKK Migas pasca semburan untuk menghindari kondisi tersebut mengular dan merugikan masyarakat.
 
“Saya sudah minta pihak SKK Migas supaya menutup sumber semburan lumpur tersebut dan melakukan penanggulangan di area setempat,” katanya, Sabtu (20/7/2019).
 
Dia mengatkan upaya tersebut untuk dilakukan segera dan pihak Pemkab Muba melalui pihak Kecamatan serta perangkat desa setempat untuk gotong-royong mengatasi semburan lumpur tersebut.
 
“Pihak Kecamatan juga sudah diminta turun langsung ke lapangan bekerjasama dengan pihak SKK Migas untuk menutup semburan lumpur tersebut,” katanya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muba, Andi Wijaya Busro, mengatakan berdasarkan hasil pantauan pihaknya semburan lumpur tersebut tidak berbahaya, namun pihaknya juga berkoordinasi dengan SKK Migas untuk segera melakukan upaya penutupan sumber dari semburan lumpur tersebut.
 
"Ini juga berdasarkan arahan bupati untuk segera ditindaklanjuti agar jangan sampai menganggu aktifitas warga setempat," katanya.
 
Andi menambahkan, saat ini pihak DLH Muba bersama perangkat Desa dan Kecamatan sudah ke lokasi semburan dan berkoordinasi dengan pihak SKK Migas.
 
Terpisah, Camat Bayung Lencir Akhmad Toyibir mengungkapkan saat ini pihak Pertamina Jambi sedang melakukan pengukuran tekanan semburan untuk melakukan penutupan.
 
“Saat ini tim sudah bekerja melakukan penutupan semburan dan pengamanan di lokasi sudah dilakukan oleh pihak Polsek, Koramil dan Pol PP Kecamatan Bayung Lencir,” ujarnya.
 
Sementara itu, Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Andi Arie Pangeran, membenarkan bahwa SKK Migas telah menerima laporan dari Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Migas yang terdekat dari lokasi semburan, yaitu Pertamina Hulu Energi Jambi Merang dan Pertamina EP Aset 1 Jambi mengenai adanya semburan lumpur yang mengandung gas dan minyak bumi.
 
Menurut dia, semburan setinggi 20-30m tersebut tidak teridentifikasi gas H2S yang berbahaya, yang teridentifikasi hanya lumpur dan batuan.
 
"Masing-masing General Manager KKKS PHE Jambi Merang dan Pertamina Aset 1 Jambi telah memberikan masukan-masukan kepada Aparat TNI/Polri dan koordinasi pun telah dilakukan,” katanya.
 
Dia menjelaskan SKK Migas menekankan bahwa keselamatan harus diutamakan, semua pihak agar memastikan hazard / bahaya tidak meluas, menghindari bahaya percikan api, memastikan warga untuk menjauhi daerah semburan, demi keamanan lingkungan dan masyarakat.
 
"Kegiatan pemboran liar ini semoga membuka mata semua pihak bahwa Kegiatan hulu migas merupakan rangkaian aktivitas yang memiliki risiko tinggi, sehingga perlu mengikuti kerangka peraturan perundangan yang berlaku dan comply ke standard operating procedure (SOP) yang ketat,” jelasnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper