Tiket masih Mahal, Asita Riau Desak Maskapai Taati Aturan TBA

Pengusaha yang tergabung dalam Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies atau Asita Provinsi Riau, meminta pemerintah menindak tegas maskapai yang masih menjual tiket dengan harga tinggi.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  15:38 WIB
Tiket masih Mahal, Asita Riau Desak Maskapai Taati Aturan TBA
Calon penumpang melapor ke konter check in di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (14/5/2019). - ANTARA/FB Anggoro
Bisnis.com, PEKANBARU - Pengusaha yang tergabung dalam Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Provinsi Riau, meminta pemerintah menindak tegas maskapai yang masih menjual tiket dengan harga tinggi.
 
Ketua Asita Riau Dede Firmansyah berharap maskapai penerbangan patuh terhadap aturan yang sudah dikeluarkan pemerintah soal penurunan tarif batas atas tiket pesawat.
 
"Kami berharap pemerintah komitmen untuk mencabut izin bagi pihak maskapai yang tidak turunkan harga tiket. Yang pasti, kami harap pemerintah benar-benar menerapkannya," katanya Kamis (23/5/2019).
 
Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memperingatkan pihak maskapai agar menurunkan tarif batas atas (TBA). Jika tidak mematuhi maka pihak maskapai terancam kena sanksi administrasi pembekuan, pencabutan hingga denda. 
 
Dede mengaku pihaknya khawatir maskapai bakal menaikkan kembali harga tiket secara sepihak. 
 
"Kami tidak mau kebijakan penurunan TBA ini hanya di awal-awal. Tapi nanti malah dinaikkan kembali, jadi kami meminta pemerintah tegas," katanya.
 
Harapan ini menurut dia, perlu dilakukan pemerintah mengingat sesuai budaya orang Indonesia yang selalu pulang kampung atau mudik tiap libur lebaran. 
 
"Dari sini terjadilah pergerakan orang dan barang, tentu ada efek ekonomi daerah yang besar atas momen ini karena biasanya pemudik akan tinggal cukup lama di kampung masing-masing," katanya. 
 
Bila harga tiket tidak turun, pihaknya memprediksi arus penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru bakal alami penurunan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, asita, maskapai penerbangan

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top