Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Beberapa Pembangkit Terganggu, Warga Sumut Sahur Saat Listrik Padam

Beberapa pembangkit listrik padam karena kerusakan alat pengubah besar arus atau current transformer sehingga menyebabkan distribusi listrik di Sumatra Utara sempat terganggu saat sahur, Kamis (9/5/2019) dini hari.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 09 Mei 2019  |  09:56 WIB
Ilustrasi-Pengupas bawang menggunakan lilin sebagai penerangan saat terjadi listrik padam. - Bisnis.com
Ilustrasi-Pengupas bawang menggunakan lilin sebagai penerangan saat terjadi listrik padam. - Bisnis.com

Bisnis.com, MEDAN--Beberapa pembangkit listrik padam karena kerusakan alat pengubah besar arus atau current transformer di Sumatra Utara. Akibat kejadian itu distribusi listrik sempat terganggu saat warga Muslim melakukan santap sahur, Kamis (9/5/2019) dini hari. 

Manager Komunikasi PLN Unit Sumatra Utara Rudi Artono mengatakan kerusakan current transformer membuat beberapa pembangkit padam dan membutuhkan waktu untuk memulihkannya.

Pembangit yang sempat padam yakni PLTU Nagan Raya 1 dan 2, PLTU Pangkalan Susu 2, PLTGU Belawan, ST 2.0, PLTG Marine Vessel Power Plant dan Belawan juga PLTD AKE. 

Padahal, berdasarkan data PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), di Sumatra Utara, kapasitas listrik yang terpasang saat ini sebesar 2.011 MW dengan beban puncak sebesar 1.487 MW. Dari gambaran tersebut, sebenarnya Sumut dalam kondisi surplus listrik. 

"Setelah diselidiki, kerusakan terjadi pada current transformer (CT), peralatan yang mengubah besaran arus dari besar ke kecil ataupun sebaliknya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, yakni arus 150 KV, " ujar Rudi dalam keterangan resmi, Kamis (9/5/2019). 

Rudi menyebut unit pembangkit lain seperti Pembangkit Listrik Island Inalum telah terhubung dengan gardu indusk di Aceh. Dia berharap sistem kelistrikan segera pulih. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pln sumut
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top