Kanada Bantu Produk Olahan Bahan Baku Lokal Pesisir Selatan

Pemkab Pesisir Selatan menjalin kerja sama di bidang peningkatan perekonomian dengan Pemerintah Kanada dalam upaya memacu pertumbuhan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 April 2019  |  17:46 WIB
Kanada Bantu Produk Olahan Bahan Baku Lokal Pesisir Selatan
Seorang nelayan mengangkut ikan tuna. Pesisir Selatan mendapatkan bantuan dari Kanada untuk mengembangkan produk olahan berbahan baku lokal termasuk perikanan. - Reuters/Tarmizy Harva

Bisnis.com, PAINAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatra Barat, menjalin kerja sama di bidang peningkatan perekonomian dengan Pemerintah Kanada dalam upaya memacu pertumbuhan daerah itu.

"Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni bersama dengan perwakilan Pemerintah Kanada menandatangani nota kesepahaman kerja sama tersebut hari ini (25/4) di Jakarta," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Pemkab Pesisir Selatan Rinaldi di Painan, ibu kota Pesisir Selatan, Kamis (25/4/2019).

Dia menjelaskan kerja sama tersebut dikemas dalam program National Support for Local Investment Climate (NSLIC).

Dia mengharapkan melalui program tersebut terwujud integrasi antara dunia kepariwisataan dan berbagai produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Sejak beberapa tahun terakhir dunia kepariwisataan di Pesisir Selatan berkembang dengan pesat dan diharapkan situasi ini berbanding lurus dengan beragam produksi dari UMKM sebagai penunjangnya," tuturnya.

Melalui kerja sama tersebut, kata dia, Kanada akan memberi bantuan teknis dalam meningkatkan kemampuan UMKM dalam menghasilkan produk olahan dari berbagai bahan baku lokal seperti durian, ikan, dan cokelat.

Produk itu, kata dia, selanjutnya diolah menjadi barang jadi yang bisa digunakan oleh wisatawan sebagai oleh-oleh usai berlibur di Pesisir Selatan.

Penandatangananan nota kesepahaman itu tidak terlepas dari proposal yang sebelumnya diajukan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni kepada Pemerintah Kanada.

Kegiatan tersebut, kata dia, juga tidak terlepas dari peran Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ /Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia yang telah menjembatani langkah tersebut.

Kabupaten Pesisir Selatan, lanjutnya, termasuk di antara sejumlah daerah di Indonesia yang menandatangani nota kesepahaman tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perikanan, pesisir selatan

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top